Politik Pendidikan : Liberalisasi Pendidikan Tinggi Di Indonesia Dan India

politik pendidikan

Dari judulnya saja akan membuat para pembaca mengernyitkan dahi, dan pikiran akan lari kepada betapa mahal untuk bisa meraih pendidikan yang bagus di negeri ini. Buku ini sebenarnya merupakan hasil skripsi dari Galih Ramadian Nugroho Putra, seorang alumnus FISIP UI yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Berawal menjadi Ketua BEM FISIP UI, pada saat itu tata kelola di UI sedang menjadi sorotan oleh publik. Dan hal tersebut terbawa hingga dia mengambil skripsi tentang pendidikan tinggi, khususnya tentang liberalisasi pendidikan tinggi sebagai fenomena global yang dimulai dari Negara maju dan diikuti oleh Negara berkembang. Perbandingannya adalah Indonesia dengan India, dengan pertimbangan India merupakan Negara berkembang yang sama-sama sedang berjuang meningkatkan perekonomiannya.

Buku ini menggambarkan secara gamblang persamaan dan perbedaan proses liberalisasi pendidikan tinggi di Indonesia dan India. Beberapa persamaannya adalah Indonesia dan India  politik pendidikan di kedua Negara ini menunjang adanya liberalisasi pendidikan tinggi karena mengeluarkan berbagai kebijakan pendidikan yang mendukung proses tersebut. Kedua, implementasi kebijakan liberalisasi pendidikan di kedua Negara tersebut. Ketiga, liberalisasi pendidikan menyulitkan masyarakat berpenghasilan rendah untuk menikmati pendidikan tinggi. Keempat, adanya pro dan kontra dari berbagai pihak terhadap liberalisasi pendidikan tinggi. Dan terakhir adalah pemerintah kedua Negara ini sama-sama memberikan beasiswa dan melakukan afirmasi pada masyarakat yang kesulitan akses pendidikan tinggi. Sedangkan perbedaanya adalah India lebih dulu melakukan liberalisasi pendidikan daripada Indonesia. Struktur regulasi di India lebih kompleks. Ketiga, liberaliasasi pendidikan tinggi di Indonesia dilakukan terhadap beberapa kampus BHMN.

Penulis yang pernah menjadi salah satu pengajar dalam program Indonesia Mengajar ini mengumpulkan data-data penunjang dan diolah untuk memperkuat bentuk liberalisasi pendidikan tinggi baik di Indonesia maupun di India. Penelitian ini memberikan banyak informasi pada masyarakat bahwa pendidikan tinggi merupakan salah satu faktor terpenting untuk kemajuan dan masyarakat lebih kritis dengan kebijakan pendidikan yang ada.

Jika ingin membaca buku ini lebih lengkap, pembaca bisa datang ke Koleksi Khusus I Perpustakaan Universitas Airlangga kampus B dan nomor klasifikasi buku ini adalah KKB KK I 379 Put p.

Hits 776