Deteksi Kepribadian

4. Deteksi KepribadianPada dasarnya, manusia dilahirkan dalam keadaan sehat dan suci dalam arti fitrah kelahirannya. Akan tetapi, berbagai faktor dan pengaruh dalam proses perkembangan mengalami kelainan atau gangguan. Gangguan biologis-sosiopsikologis, salah satu faktor yang mempengaruhi kelainan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian secara umum.

Jika kita berpikir tentang pikiran-pikiran dan objek bahagia, kita-pun akan menjadi bahagia. Apabila kita berpikir tentang pikiran-pikiran yang buruk, kita-pun akan menjadi buruk. Jika kita memikirkan tentang pikiran-pikiran kecurigaan, kita akan menjadi ketakutan. Apabila kita dikuasai oleh pikiran yang salah, maka kita akan membuat emosi kita sendiri menjadi salah, menciptakan kecemasan dan tidak terarah baik bagi diri kita sendiri. Kuncinya adalah bagaimana kita dapat menjaga kestabilan emosi untuk menghindari kecemasan.

Dalam buku ini digambarkan secara lugas dalam empat bagian besar. Pertama, gambaran umum tentang kepribadian. Kedua, perkembangan kepribadian sebagai ilmu tersendiri yang tak terpisahkan dengan psikologi. Ketiga, tipe-tipe personal seorang individu. Keempat, contoh analisa/tes untuk mengetahui corak kepribadian seseorang, pengukuran dan penilaiannya, serta jenis gangguan kepribadian.

Judul Buku: “Deteksi Kepribadian”; Pengarang Buku: A. Muin Ghazali ; Nurseha Ghazali; Penerbit: PT. Bumi Aksara; Kota Terbit: Jakarta; Tahun Terbit: 2016; Tebal Buku: 290 halaman; Lokasi Buku: Koleksi Khusus I – Kampus B (155.2 Gha d)

Hits 845