Pedoman Gizi Lengkap : Keluarga & Olahragawan

epik

Manusia melakukan kegiatan atau aktivitas merupakan ciri dari suatu kehidupan. Manusia sendiri bergerak untuk bertahan hidup, hingga saat ini pun tiap-tiap individu melakukan aktivitas untuk mencari nafkah, mencari ilmu, berusaha untuk menjaga kesehatan dan kebugaran serta mengembangkan keterampilan melalui olahraga. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk bertujuan mendapatkan kesehatan, kebugaran, rekreasi, pendidikan dan prestasi. Selain melakukan olahraga, untuk menjaga kesehatan diperlukan pola makan yang sehat serta bernilai gizi.

Proses yang terjadi dalam tubuh manusia terdiri dari bergerak, membangun, proses tumbuh, reparasi sel dan mengatur organ dalam. Dalam proses tersebut, manusia memerlukan bahan makanan dengan kandungan yang berbeda. Secara umum, ada tiga sumber tenaga bagia manusia adalah karbohidrat, lemak, protein. Sedangkan, sebagai sumber zat pembangun adalah protein, air dan makanan sebagai sumber pengatur adalah vitamin dan mineral.

Buku yang memiliki 270 halaman dan 19 Bab ini menyajikan hasil tulisan yang bermanfaat sekali bagi pembacanya. Informasi-informasi yang berhubungan dengan gizi makanan terkandung dengan sangat jelas yang disertai dengan gambar dan tabel yang bisa di harapkan sebagai buku pedoman gizi lengkap pun sudah sangat terpenuhi. Selain membahas tentang gizi untuk olahragawan, penulis tidak lupa menjelaskan gizi untuk pertumbuhan anak dan keluarga.

Ditulis oleh Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO, penulis produktif ini lahir di Desa Pulutan, Jawa Tengah 15 Agustus 1962. Alumnus IKIP Yogyakarta jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Selepas itu beliau meneruskan ke program magister dengan studi Ilmu Kesehatan Olahraga di Universitas Airlangga Surabaya. Dan doctoral di tempuh di Universitas Negeri Surabaya dengan program studi Ilmu Keolahragaan. Sampai saat ini, penulis masih aktif diberbagai organisasi keolahragaan diantara menjadi staf di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat ikatan sarjana olahraga Republik Indonesia. Di Yogyakarta. Adapun buku yang pernah ditulis dan diterbitkan adalah Dasar-dasar kepelatihan Olahraga, Gizi Olahraga, Penilaian Status Gizi, Panduan Latihan Kebugaran, serta Pedoman Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran.

Koleksi ini sangat informatif sekali bagi para ibu-ibu muda yang ingin menambah wawasan tentang bagaimana cara mengatur dan memberikan gizi terbaik untuk keluarganya dan diri sendiri. Selain itu untuk para atlit, buku ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatannya. Koleksi ini dapat dibaca di ruang Koleksi Referensi Kampus C di nomor Class 612.3 Iri p. Selamat membaca Kawan.  

Hits 1297