Hidup Sehat melalui proteksi spesifik (specific protection)

lia

Kebijakan pembangunan kesehatan di Indonesia sesuai amanat UU no. 36 tahun 2009, salah satunya adalah memprioitaskan upaya menumbuhkan masyarakat untuk hidup sehat berdasarkan kesadaran, kemauan dan kemampuan sendiri.  Buku proteksi spesifik ini memfokuskan pentingnya upaya untuk mencegah keterpaparan penyakit melalui pemahaman secara singkat tentang penyakit, cara penularan, penyebaran penyakit dan gejala telah terinfeksi penyakit, agar tidak terjadi keterlambatan dalam memperoleh pertolongan tenaga kesehatan. Buku ini mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, sebagai upaya pencegahan (preventive) berbagai penyakit yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Buku ini mengulas tentang:

  1. Prespektif sehat menurut ilmu kesehatan
  2. Cara penularan penyakit
  3. Bahagia dengan hidup sehat
  4. Penularan virus berbahaya dari hewan ke manusia
  5. Pencegahan penyakit hiv/aids dan tbc
  6. Penyakit akibat aedes aegypti dan anopheles
  7. Pemicu sakit jantung
  8. Penyakit bintik merah di kulit anak-anak
  9. Penyakit diare, disentri dan kolera
  10. Waspada influenza

Prioritas penyelenggaraan kesehatan di Indonesia bertumpu pada promotif dan preventif. Paradigma sehat sebagai reformasi paradigma pembangunan kesehatan Indonesia dalam melaksanakan amanat ketetapan MPR RI No. X tahun 1998 tentang pokok-pokok reformasi pembangunan. inti pokok paradigma sehat adalah menekankan pentingnya kesehatan sebagai hak asasi manusia, kesehatan sebagai investasi bangsa dan kesehatan menjadi tintik sentral pembangunan nasional.

Prinsip paradigma sehat adalah lebih baik mencegah sakit dari pada mengobati setelah sakit. Buku ini memberikan pemahan sederhana dan singkat, pentingnya hidup sehat, terhindar dari penyakit melalui proteksi spesifik. buku ini membahas tentang agent/hazzard penyebab penyakit, cara penularan, dampak serangan agent pada kehidupan manusia, gejala seseorang setelah terinfeksi penyakit, tindakan pencegahan spesifik yang diperlukan dan upaya segera berobat ke tenaga medis jika sudah merasakan adanya gejala terinfeksi.

Buku ini bermafaat bagi kalangan umum, khususnya untuk para dosen, mahasiswa dan masyarakat dalam memahami kesehatan berdasarkan ilmu kesehatan masyarakat. Tidak perlu repot untuk mencari di luar, sebab perpustakaan UNAIR juga penyediakan buku ini untuk dipinjam secara overnight maupun fotocopy. Buku ini berlokasi KKC KK 613 Sug h. Jadi ayo buktikan manfaat dari buku ini dalam kehidupan sehari-hari.

Hits 1803