indah

Kondisi Khusuk
Khusuk adalah suatu kondisi dimana antara ucapan, fikiran dan suasana hati berada dalam keadaan sama. Jika mulut mengucapkan A maka fikiran juga membayangkan A dan hati juga merasakan A. Suasana khusuk tidak akan tercapai jika ucapan, fikiran dan hati tidak sama, misalnya mulut mengucapkan A fikiran membayangkan B dan hati merasakan C.
Kondisi khusuk ini ternyata lebih sering dialami seseorang justru diluar sholat. Ketika seseorang sedang berbicara serius dengan orang lain baik secara langsung maupun melalui handphone pasti apa yang diucapkan, difikirkan dan dirasakan oleh hatinya sama. Jika ada orang yang berbicara dengan seseorang namun antara ucapan, fikiran dan perasaan hatinya tidak sama dapat dipastikan orang itu tidak normal. Mulutnya mengatakan A fikirannya membayangkan B dan perasaannya merasakan C, dapat dipastikan pembicaraan antara mereka berdua akan menjadi kacau, dan mereka tidak akan sanggup bicara berlama-lama.
Anehnya dalam sholat justru kondisi khusuk ini tidak terjadi, fikiran melantur kemana mana, apa yang dibaca , dibayangkan oleh fikiran dan dirasakan oleh hati tidak sama. Kita sudah terbiasa dengan kondisi ini, sehingga tidak terlalu mempermasalahkan apakah kita sudah khusuk atau belum. Penyebab utama kondisi ini adalah karena sebagian besar kita tidak mengerti dan paham bacaan atau ayat yang dibaca didalam sholat. Untuk mendapatkan sholat khusuk langkah pertama kita harus mengerti semua bacaan yang dibaca didalam sholat. Kemudian latih agar fikiran dan hati bisa fokus pada bacaan yang dibaca didalam sholat. Kita sudah terbiasa dengan kondisi tidak khusuk dan fikiran melantur kemana mana dalam sholat. Untuk mencapai kondisi khusuk mutlak kita harus melakukan latihan dengan sunguh sungguh.
Buku ini berisi kan semua mengenai yang berhubungan dengan Khusyuk kepada Allah. ingin lebih tau banyak tentang buku ini. Buku ini beralokasi di koleksi kampus B lantai 3 dengan nomer class 297.382 Al-h m

Hits 186