sumenep

Sumenep merupakan kota yang berada diujung timur pulau Madura, memiliki sejarah panjang dan patut untuk diketahui oleh generasi saat ini. Jika kota-kota lain sejarahnya terangkum dalam bentuk buku seperti halnya Hikajat Soerabaia Tempo Doeloe, maka Sumenep juga tertulis ceritanya dalam buku Sumenep Menyimpan Segudang Cerita.
Buku ini ditulis oleh seorang pemuda asli Sumenep yang bernama Noevil Delta. Berawal dari keterbatasan informasi akan sejarah kotanya sendiri, Noevil merasa tertantang untuk membuat buku ini. Berbagai cara dia lakukan mulai menggali informasi dari ahli sejarah hingga tokoh masyarakat untuk mencari kebenaran tentang sejarah Sumenep. Mulai dari asal mula nama Sumenep hingga Pangeran Diponegoro terangkum dalam buku ini.
Ternyata banyak orang-orang hebat di Indonesia yang berasal dari Sumenep, salah satunya adalah Halim Perdanakusuma. Siapa yang tidak tahu, nama Pahlawan Nasional yang gugur dalam jihad membela tanah air ini diabadikan menjadi nama salah bandara di Jakarta. Selain itu, dalam buku ini juga terungkap bahwa makam Pangeran Diponegor yang sebenarnya adalah di komples Asta Tinggi, bukan di Makasar.
Membaca buku ini serasa membaca cerita, sejarah yang tertulis disajikan dengan ringan. Saya sebagai pembaca, merasa buku ini masih kurang greget dan kurang mendalam dalam mengeksplore kota Sumenep. Karena baru dibaca sebentar ternyata saya sudah sampai di halaman akhir, dan rasanya masih dilanda penasaran. Buku Koleksi Khusus 1 Perpustakaan Kampus B ini bisa pembaca nikmati untuk menambah wawasan tentang warisan budaya bangsa

Hits 264