diabetes

Seiring dengan perkembanganya zaman, sadarkah kalian ternyata pola makan dan gaya hidup kebanyakan orang sudah berubah? sayangnya ,perubahan ini mengarah ke pada hal-hal yang buruk. Saat ini semakin banyak orang yang beralih dari gaya hidup mandiri ke gaya hidup yang bergantung pada teknologi. Dulu , sebelum makan kita perlu berkebun dan memasak, namun sekarang banyak pindah kepada yang praktis. Orang-orang banyak yang lebih suka makan junk food dari pada harus repot-repot memasak, padahal mereka tahu junk food itu makan yang tidak menyehatkan.

Kata “Diabetes” digunakan pertama kali pada abad kedua oleh ahli kesehatan bernama aretaeus cappadocia. Saat itu, Aretaeus dan celcus menggunakan istilah diabetes untuk orang yang sering buang air kecil dan banyak minum. Diabetes Melitus berasal dari bahasa latin,yaitu diabetes yang berarti penerusan, dan mellitus yang berarti manis. Kebanyakan orang-orang menyebut diabetes dengan kencing manis atau penyakit gula. Diabetes umumnya diawali dengan pre-diabetes. Penderita prediabetes yang tetap menjalankan gay ahidup yang tidak sehat,dalam waktu 5-10 tahun kondisinya akan semakin memburuk dan merubah menjadi diabetes.

Kenapa gula darah bisa naik ? Banyak orang yang belum mengetahui sumber dari gula darah di tubuh kita.dalam setiap tubuh manusia pasti di temukan gula,yang umum disebut glukosa.glukosa ini bersumber dari luar tubuh dan dalam tubuh. Ketika kita makan, glukosa dalam darah otomatis akan meningkat sehingga merangsang keluarnya insulin. Namun, ketika kita lapar, glukosa dan insulin dalam darah menjadi rendah.saat itu, akan berfungsi hormon glukagon yang merangsang pemecahan glikogen menjadi glukosa.

Bagaiaman mendiangnosa diabetes melitus ? kesadaran akan kesehatan memang sudah semakin meningkat. Terbukti dengan ramainya pasien-pasien di pelayanan kesehatan, mulai dari puskesmas,klinik,sampai rumah sakit. diabetes melitus ini termasuk penyakit yang gejala awalnya jarang disadari oleh penderitanya. Jika tidak segera diatasi , penyakit ini semakin parah atau mengalami komplikasi.

Setiap orang bisa terjangkit Penyebab diabetes melitus karena tidak satu pun yang bisa terbebas dari faktor-faktor penyebabnya.jadi kita harus waspada. Walaupun saat ini kita sehat, namun karena menjalankan gaya hidup yang tidak sehat,mungkin saja suatu hari akan terjangkit diabetes. Untuk itu, mengecek gula darah kita secara teratur sangatlah penting. Seseorang yang memiliki keluarga terkena diabetes beresiko dua sampai dengan enam kali lipat terkena diabetes juga. Walaupun diabetes yang disebabkan oleh faktor keturunan tidak dapat dihindari,namun kalian tidak perlu khawatir. Karena diabetes masig bisa dikendalikan agar tidak semakin berat, yaitu dengan mengendalikan agar tidak semakin berat, yaitu dengan mengendalikan faktor lingkungan.

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, namun penyakit ini dapat di kontrol. Caranya dengan mengubah beberapa perilaku tidak sehat sehingga gula darah dapat kembali normal. Adapun gaya hidup yang paling penting untuk diterapkan penderita diabetes antara lain :

  1. Terapkan pola makan yang sehat dan tidak lupa makan secara teratur.
  2. Jaga berat badan anda, jangan sampai berat badan anda naik.
  3. Tetap konsumsi obat yang diberikan oleh dokter,
  4. Lakukan olah raga secara teratur.

Buku ini berisi kan semua mengenai yang berhubungan dengan penyakit diabetes, gejala-gejala apa saja yang akan dialami penderita diabetes hingga resep makana , kudapan dan jus yang tepat untuk penderita diabetes. ingin lebih tau banyak tentang buku ini. Buku ini beralokasi di koleksi khusus kampus A lantai 2 dengan nomer class 616.462 tim b

Hits 424