KolesterolKolesterol merupakan salah satu komponen lemak. Lemak adalah salah satu zat gizi yang sangat diperlukan tubuh di samping zat gizi lainnya, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kolesterol diperlukan untuk membangun dinding-dinding sel di dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Apabila kolesterol dalam tubuh berlebihan, maka kolesterol tersebut akan tertimbun pada dinding pembuluh darah. Kondisi inilah yang menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Berisi tentang, apa yang terjadi secara normal menjelaskan kolesterol itu apa, asalnya dari mana, kenapa kita membutuhkannya dan bagaimana sistem pengangkutannya. Hal ini merupakan pengetahuan dasar dari kolesterol baik dan kolesterol jahat, kemudian juga dijelaskan cara menyeimbangkan kadar kolesterol (ada note box yang menjelaskan satuan konversi kolesterol), mengapa kolesterol LDL buruk bagi tubuh?, huruf ‘H’ pada HDL artinya ‘Healthy’ (sehat), hubungan kolesterol dengan trigliserida, apa yang membuat kadar kolesterol tidak seimbang? (ada note box yang menjelaskan faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol LDL terlalu tinggi), hiperkolesterolemia familial (HF), penyakit kardiovaskular dan gangguan lipid, aterosklerosis, apakah saya berisiko terkena penyakit kardiovaskular? bagaimana cara mengetahui kadar kolesterol abnormal? dan penangan kolesterol. Sering kali kita bertanya, mengapa terjadi pada saya? Dalam buku ini membagikan jumlah angka kolesterol di Inggris, apa artinya memiliki kadar kolesterol tinggi? penyakit jantung koroner, perbedaan angka kejadian penyakit kardiovaskular di Inggris bagian utara/selatan, paradoks Prancis (the French paradox), mengapa kadar kolesterol saya tinggi, usia, pola makan, riwayat penyakit keluarga, seberapa aktif anda, pendapat yang salah mengenai kolesterol, dan riwayat kolesterol.

Kita juga mendapatkan pengetahuan praktis dari membaca buku ini, sebab disini menerangkan aterosklerosis, bagaimana cara kerja obat penurun kolesterol, statin, fibrat, resin, inhibitor absorpsi kolesterol selektif, asam nikotinat, dan minyak ikan omega-3. Bagi yang penasaran dengan kolesterol, disini dijelaskan cara penanganan kolesterol. Sehingga kita akan lebih mengetahui bagaimana kadar kolesterol yang tinggi akan mempengaruhi hidup saya? kapan saya sebaiknya pergi ke dokter? skrining hiperkolesterolemia familial, pemeriksaan kolesterol, prosedur pemeriksaan, alat pemeriksaan di rumah dan unit skrining jinjing (mobile screening unit), rencana penanganan kolesterol, menghitung risiko kardiovaskular, kapan saya di rujuk ke dokter spesialis? mengendalikan kolesterol, perubahan gaya hidup, saran perubahan pola makan, bentuk tubuh, jumlah garam, sterol dan stanol tumbuhan, alkohol, olahraga, obat penurun kolesterol, obat apa yang akan saya dapat? golongan obat yang dapat menurunkan risiko kardiovaskular, statin dan pencegahan penyakit jantung, fibrat, resin, inhibitor absorpsi kolesterol selektif, efek samping obat, kerusakan otot, kerusakan hati, terapi preventif, seberapa aman obat penurun kolesterol? proses pengembangan obat, penanganan kelompok khusus penyandang penyakit kardiovaskular, penyandang diabetes, penyandang hiperkolesterolemia familial (HF) dan kelainan lipid turunan lainya, wanita, penyandang HIV, memaksimalkan pelayanan kesehatan, cara anda memudahkan tim medis menolong anda, dan tanyakan kepada dokter. Yang paling terakhir dibagikan beberapa daftar klinik yang direkomendasikan, tempat konsultasi, bahan referensi tambahan lainya, dan resep masakan.

Buku dengan judul: Kolesterol, ditulis oleh: Eleanor Bull, Penerbit: Erlangga, Tahun terbit: 2007, ini termasuk layanan koleksi referensi, jika dalam rak masuk dalam deretan buku manual. bagi anda yang penasaran dapat menemukan buki ini di perpustakaan kampus c, dengan no. klasifikasi 641.563 8 Bul k-1. jangan lupa untuk mencatat no. klasifikasi dan lokasinya dengan benar ya!. selamat membaca.

Hits 681