IMG 0623Sebuah program untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi perpustakaan telah dikembangkan oleh PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) agar semua data koleksi bisa dikumpulkan bahkan tersaji dengan baik. Perpustakaan UNAIR salah satunya juga ingin mengembangkan platform ini pada tahun ini, dan beberapa bulan yang lalu, dikirimkanlah beberapa tenaga untuk mempelajari program yang dicanangkan oleh PNRI itu. Perpustakaan UNAIR sebelum menggunakan Inlislite, platform yang dipergunakan adalah Laris, dan menurut Tim TI, program ini tidak dapat dikembangkan lagi.

Seusai pelatihan dari PNRI, Tim TI mendapatkan mandat untuk memigrasikan seluruh sarana ke dalam program tersebut dan untuk menyamakan persepsi, dua hari yang lalu, beberapa staf diundang untuk mengikuti pelatihan bagaimana mengisi data koleksi baru. Bukan hanya menjadi tanggung jawab bagian tertentu saja, namun semua staf yang diundang wajib mengetahui program ini dengan baik. Program ini begitu lengkap menyajikan setiap ringkasan informasi yang terpampang sehingga pelanggan dapat dengan puas menikmatinya.

Pelatihan yang diadakan Tim TI ini berlangsung dari siang hari hingga sore dan para staf yang mengikuti pun telah menyiapkan beberapa data baru semisal buku atau majalah yang belum dimasukkan. Proses awal dimulai dari pembuatan masing-masing akun dan langsung berlanjut ke dalam proses input. Pelatihan ini diharapkan mampu mempercepat proses migrasi dari program LARIS ke Inlislite sehingga ke depan teknologi baru ini akan memperlancar kebutuhan pelanggan dalam pencarian informasi.

 

Hits 361