Usulan Buku FKM Th 2017

FAQ Pandemi Covid

  • Jam Buka Perpustakaan Universitas Airlangga di Masa New Normal ?

    Jam buka Perpustakaan Universitas Airlangga pada masa New Normal 
    - Hari Senin s/d Jumat mulai pukul 09.00-15.00 WIB
    - Hari Sabtu pkl.09.00 s/d 13.00 WIB.

    Waktu kunjungan dibatasi dengan registrasi kunjungan terlebih dahulu melalui Aplikasi AILIS http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan

    - Sesi Pagi : Pkl.09.00-11.30 WIB
    - Sesi Siang : Pkl.12.30-15.00 WIB

    Masa New Normal jumlah kuota kunjungan sekali waktu sebanyak:
    - Kampus A: 25 orang
    - Kampus B: 100 orang
    - Kampus C: 15 orang


  • Bagaimana cara registrasi kunjungan?

    Cara Registrasi Kunjungan ke Perpustakaan Universitas Airlangga:

    1. Buka aplikasi AILIS --> http://ailis.lib.unair.ac.id

    2. Pilih menu --> Keanggotaan Online

    3. >  Bila sudah singkronisasi data
            - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus  --> klik masuk

        > Bila belum sinkronisasi data --> klik sinkronisasi cybercampus
           - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus --> klik aktifkan
           - Kembali ke halaman sebelumnya 
           - Masukkan NIM/NIP serta password cybercampus  --> klik masuk

    4. Pilih menu sebelah kiri --> klik registrasi kunjungan

    5. Pilih Lokasi yang akan dikunjungi --> Pilih salah satu Perpustakaan Kampus A, Perpustakaan Kampus B, Perpustakaan Kampus C  --> klik OK

    6. Pilih jadwal hari ini atau besok, Pilih jadwal yang diinginkan :
    > Pagi : 09.00 - 11.30 --> Bila pilih jadwal ini --> klik registrasi
    > Siang : 12.30 - 15.00 --> Bila pilih jadwal ini --> klik registrasi

    7. Keluar Pop out pertanyaan, Pesan jadwal ini --> klik ok

    8. Jawab pertanyaan apa yang anda ingin lakukan ke perpustakaan? Pilih salah satu jawaban dibawah ini

       - Kunjungan biasa/ membaca
       - Penelitian
       - Tugas Kuliah
       - Pencarian Literatur
       - Mengakses Layanan / Menelusur eJournal
       - Akses OSIRIS

    9. Selesai. Jadwal kunjungan anda telah terregistrasi pada sistem kami.

  • Saat new normal, bagaimana proses peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku?

    > Pemesanan Buku :
    - Login keanggotaan ailis di http://ailis.lib.unair.ac.id/opac/ --- bila belum sinkronisasi cybercampus masuk ke http://ailis.lib.unair.ac.id/keanggotaan
    - Cari buku yang akan dipinjam di Catalog Online AILIS
    - Apabila sudah menemukan buku yang akan dipinjam pilih (klik) pesan buku
    - Tunggu notifikasi melalui WA dari petugas bahwa buku telah tersedia (ready) untuk diambil
    - Mahasiswa semester 1-4 dapat meminjam maks 15 buku, mahasiswa semester 5 keatas dan S2, S3 serta dosen dapat meminjam maksimal 20 buku
    - Datang ke Perpustakaan sesuai jadwal kunjungan, registrasi kunjungan di aplikasi AILIS pilih Jadwal Pagi:09.00-11.30 atau Jadwal Siang 12.30 - 15.00
    - Wajib membawa KTM Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku;
    - Peminjam diwajibkan datang sendiri;
    - Mengikuti protokol kesehatan

    > Peminjaman Buku :
    - Cari buku yang dicari di Catalog Online AILIS
    - Datang ke Perpustakaan sesuai jadwal kunjungan, registrasi kunjungan di aplikasi AILIS pilih Jadwal Pagi:09.00-11.30 atau Jadwal Siang 12.30 - 15.00
    - Cari buku di rak berdasarkan no panggil buku yang ada di punggung buku
    - Apabila sudah menemukan, bawa buku di Komputer Swa Pinjam (Peminjaman Mandiri) lakukan proses transaski peminjaman hingga transaksi berhasil dan selesai
    - Muncul notifikasi pada Whats App bahwa transaksi berhasil
    - Matikan security buku pada staf bagian sirkulasi, tunjukkan notifikasi WA
    - Apabila terdapat kesulitan tanyakan ke staf bagian sirkulasi

    > Perpanjangan Buku :
    dapat dilakukan melalui Ailis atau download aplikasi androidnya. (khusus masa pandemi perpanjangan dapat dilakukan secara berulang)

    > Pengembalian Buku:
    - Buku dapat dikembalikan secara langsung ke Perpustakaan Unair sesuai jadwal kunjungan, registrasi kunjungan di aplikasi AILIS pilih Jadwal Pagi:09.00-11.30 atau Jadwal Siang 12.30 - 15.00
    - Dikembalikan melalui ekspedisi/kurir seperti Pos, Tiki, JNE dll, atau melalui layanan jasa antar ojek online mobile seperti Go Send atau Grab Express.

    Tujukan ke alamat:

    Perpustakaan Unair Kampus A:
    Bagian Peminjaman Perpustakaan UNAIR Kampus A
    JL. Prof Dr Moestopo Surabaya No Telp 5034509

    Perpustakaan UNAIR Kampus B:
    Bagian Peminjaman Perpustakaan UNAIR Kampus B
    Jl. Dharmawangsa Dalam Surabaya No Telp 0315030826

    Perpustakaan Kampus C, berikut alamatnya:
    Bagian Peminjaman Perpustakaan UNAIR Kampus C
    Jl. Mulyorejo Surabaya No Telp 0315997615

    Sertakan nomor WA yang aktif dan fotokopi KTM, bila ada denda nanti akan dihubungi staf perpustakaan bagian sirkulasi.


    Apabila terdapat denda buku maka dapat dilakukan transfer denda ke:
    - Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966800000000004 a.n. Universitas Airlangga
    - BNI Virtual Account Nomor: 9883030300000219 a.n. Universitas Airlangga
    bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke Transfer_Denda

    Permasalahan / pertanyaan hub Wa Perpustakaan : 082231517409
    Video Tutorial Proses Peminjaman buku via AILIS: Video Peminjaman Ailis

    alurPeminjamanAilis

  • Bagaimana saya membayar denda bila buku saya kembalikan via kurir/ ekspedisi

    Denda dapat dibayarkan via transfer

    1. 1. Bank Mandiri Virtual Account Nomor: 8966800000000004 a.n. Universitas Airlangga
    1. 2. BNI Virtual Account Nomor: 9883030300000219 a.n. Universitas Airlangga

    bukti transfer, mohon isi form dan unggah ke http://bit.ly/transferdendapua

    NB: INFORMASI SELANJUTNYA

    BISA WA PERPUS UNAIR 082231517409

  • Apa saja layanan online Perpustakaan Unair semasa Pandemi?

    Perpustakaan Unair membuka beberapa layanan online diantaranya:
    - Pemesanan dan Perpanjangan Buku --> Aplikasi AILIS
    - Pemesanan Koleksi Repository --> http://bit.ly/PesanRepoUA
    - Pemesanan e-Resources (artikel e-Journal dan e-Books) --> http://bit.ly/penelusuranpua
    - Pendaftaran RemoteXs --> https://unair.remotexs.co/user/register
    - Surat Bebas Pinjam --> Bebas Pinjam
    - Unggah Mandiri Repository --> http://bit.ly/Unggah_Mandiri
    - Request Akses Database OSIRIS --> http://bit.ly/RequestOsirisUA

  • Bagaimana cara memesan file repository (Skripsi/Tesis/Disertasi/Tugas Akhir) ?

    Jika anda mahasiswa/sivitas akademika Universitas Airlangga silahkan melakukan pemesanan file repository melalui bit.ly/PesanRepoUA dengan menggunakan email cyber campus.
    Mohon maaf untuk mahasiswa non Unair dapat mengakses judul yang sudah disediakan BAB 1 nya pada laman repository.unair.ac.id yang mana masih edisi tahun terbaru dan juga dapat diakses di RAMA DIKTI http://rama.ristekbrin.go.id/.
    Untuk skripsi tahun 2007 kebawah sudah dapat diakses fulltext PDFnya tanpa harus login.

    Mohon maaf hingga kini fakultas yang hanya mengijinkan open access adalah Fakultas Keperawatan UNAIR dan yang lain belum mengijinkan untuk open access.
    Demikian informasi yang bisa kami berikan, harap anda memaklumi kebijakan kami ini

  • Bagaimana cara mengikuti Library Class?

    Masa pandemi kami menyelenggarakan pelatihan secara daring/ virtual menggunakan aplikasi Zoom.

    Library Class meliputi :
    - Library101 (bersertifikat +SKP, seputar Perpustakaan dan cara menelusur aplikasi yang dimiliki Perpustakaan Unair)
    - ORM (Online Research Management) (Tahapan penelitian, cara menelusur Jurnal yang dilanggan Universitas)
    - ReferenceManager: Mendeley (Mengorganizir file, Pembuatan Sitasi dan Daftar Pustaka secara otomatis)
    - PlagiarismeChecker: Turnitin,
    - Optimalisasi MSWord,
    - Presentation with Canva

    Cara mengikuti:

    - Minimal peserta 5 orang (kecuali #Library101 min 10 orang)
    - Pilih waktu di Hari Senin s/d Jumat diantara Pukul 09.00-14.00 WIB
    - Cantumkan nama perwakilan yang bisa dihubungi
    - Harap menghubungi seminggu sebelum kegiatan dilakukan
    - Hubungi WA Perpustakaan 082231517409

  • Bagaimana memanfaatkan layanan e-book, e-journal saat di rumah?

    Untuk akses jurnal luar kampus (di rumah) dapat melalui akses RemoteXs.

    Silahkan mendaftar RemoteXs menggunakan email universitas   --> https://unair.remotexs.co/user/register

    Video Tutorial mendaftar RemoteXs --> klik disini

  • Bagaimana cara mendapatkan surat bebas perpustakaan?

    Untuk mendapatkan surat bebas perpustakaan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

    - Unggah secara individu skripsi/thesis/disertasi anda ke bit.ly/Unggah_Mandiri
    - Lakukan semua dengan menggunakan e-mail Unair, bila tidak ada permasalahan, anda akan segera mendapatkan Surat Tanda Terima skripsi/thesis/disertasi
    - Cek selalu email anda, karena surat tanda terima itu akan diberikan di sana atau bila ada masalah, petugas selalu memberikan informasi via email
    - Jika telah menerima surat tanda terima, nantikan surat bebas pustaka dari bagian layanan di email anda
    - Video singkat bagaimana proses ini, sudah kami tayangkan di Highlight INFO LAYANAN di Instagram @unairlibrary atau layanan media social kami yang lain yakni Facebook dan Twitter

    https://www.facebook.com/122858957883047/videos/1604166339935537
    https://www.facebook.com/122858957883047/videos/3243684655713688

Library News

Karya Unggulan Ksatria Airlangga

Ditulis Dosen FK

           

Ditulis Dosen FK
        hukumwaris

Ditulis Dosen FH   

   

Ditulis Dosen FKP

    

Ditulis Dosen Psikologi

   

Ditulis Dosen FIB

      

Search

Browse
Koleksi Buku

Ailis for students

android

- Profil Anggota

- Perpanjangan buku

- Daftar Pemesanan buku

- Status Koleksi

- Usulan Koleksi

- Histori Koleksi

- Alur Peminjaman Buku

  

Video Tutorial

  Peminjaman

NEWS AND EVENT

SenSelRabKamJumSabMin
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

JAM BUKA

Senin09:00 - 15.00
Selasa09:00 - 15.00
Rabu09.00 - 15.00
Kamis09:00 - 15.00
Jum'at09:00 - 15.00
Sabtu Closed
Minggu Closed

Buka Kampus A, B dan C untuk ambil & kembali buku