Sebuah kumpulan quote dari karya-karya besar Jane Austen

resensi lia feb 2

Jane Austen adalah salah satu penulis wanita ternama yang karya-karyanya dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Buku ini menyajikan kutipan-kutipan favorit dari keenam karya besar Austen—Sense and Sensibility, Pride and Prejudice, Mansfield Park, Emma, Persuasion, dan Northanger Abbey. Dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang cantik, kutipan-kutipan ini akan memberikan motivasi dan pelajaran tentang cinta dan kehidupan.

Tak pernah diragukan bahwa nama Jane Austen selalu lekat dalam hati pencinta sastra dunia. Novel-novelnya seperti Pride and Prejudice, Emma, dan Sense and Sensibility tak pernah lekang dimakan waktu, bahkan setelah 150 tahun berlalu. Gaya penulisannya banyak menginspirasi penulis-penulis masa kini, juga dikagumi karena kejujuran dan kekhasannya.

Novelis Inggris yang lahir pada tahun 1775 ini mengawali karier menulisnya dengan membuat puisi, cerita pendek, dan drama yang hanya ditujukan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Keahliannya ialah menulis cerita dengan genre roman, yang diwarnai fakta tentang keadaan sosial pada masanya.

Yang menarik dari buku ini, dikemas secara apik dan colourful. sehingga meskipun hanya berisi kumpulan kutipan tapi kita akan terbuai menikmati setiap kata dari bait yang tersaji. buku ini membahas 3 hal, yaitu cinta dan pernikahan; keluarga dan persahabatan; yang terakhir pelajaran hidup.

Pada pembahasan cinta dan pernikahan kita akan terbawa arus romantisme sepasang kekasih yang memadu kasih, kemudian memutuskan untuk menikah, lalu membicarakan masalah hati dan kesetiaan.

Pada pembahasan keluarga dan persahabatan lebih menekankan pada kita tentang kasih sayang saudara dan keluarga. apa pun keadaan kita cinta kasih keluarga tak akan lekang oleh waktu tak terbatas, tidak akan sama dengan jalinan pertemanan. satu kutipan yang menarik:

“Seorang Ibu akan selalu ada. seorang ibu akan selalu menjadi sahabat. seorang ibu memiliki pengaruh yang paling kuat” _Northanger Abbey_ (A Fair Lady & A Fine Gentleman, 55, 2016)

Pada pembahasan perjalanan hidup, kita akan diajak berpetualang keperpustakaan sebab penulis merasa nyaman dan tenang di perpustakaan. selain itu menurutnya, membaca adalah hiburan yang mengasyikan dan tidak menimbulkan kebosanan. pada topik ini kita lebih diajak untuk berpikir positif, bersyukur dan memiliki tekad kuat dalam meraih sesuatu.

Buku ini asyik banget, colourful dan kutipanya seolah-olah bisa jadi nasehat kita. buat yang penasaran langsung aja ke perpustakaan kampus B. bahan pustaka ini tesedia di layanan koleksi khusus, dengan no. panggil 808.882 Aus f. catat yang betul ya, jangan sampai salah lokasi,,..Selamat Membaca!!

Hits 1690