Love & Misadventure (Cinta & Kesialan-Kesialan)

resesnsi lia feb 1

Love & Misadventure merupakan buku kumpulan puisi karya Lang Leav yang berisi tentang pertemanan, tentang suatu hubungan dengan rasa cinta, takut dan cemburu, saat-saat senang dan bahagia, dan juga bagaimana perasaannya yang digambarkan dengan jelas pada seseorang yang ia cintai. Ada sesuatu dalam kata-katanya, semacam kehangatan yang membuat puisinya menonjol. Seolah dia bisa membaca benak kita dan mengubah pikiran kita menjadi puisi-puisi yang indah.

Bagi pecinta syair dan puisi, “Love & Misadventure” bisa menjadi buku yang tidak boleh dilewatkan. Berisi 75 puisi dan prosa pendek, Lang Leav mengemas puisi cintanya menjadi tiga bagian yaitu kesialan-kesialan, sirkus duka cita, dan cinta. Masing-masing bercerita tentang pahit dan manis asmara layaknya kisah cinta yang dialami oleh setiap manusia. Ditulis dalam bahasa yang sederhana, pembaca tak perlu berkerut kening untuk mencerna maknanya.

Kesederhanaan gaya bahasa dan momen-momen yang dihadirkan Leav dalam puisinya justru menjadi kekuatan dan keunikan tersendiri. Ia seolah-olah berhasil ‘mencuri’ kata-kata pembaca dan menyentuhkannya kembali kepada perasaan pembaca. Selain itu, buku ini juga berhasil menghadirkan suasana melankolis karena dilengkapi dengan beberapa ilustrasi khas yang diciptakan sendiri oleh sang penulis.

Kumpulan puisi yang ada dalam buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Membawa pembaca untuk memahami setiap langkah dan kejadian yang terjadi pada tokoh "aku". Plotnya tidak selamanya maju. Beberapa bagian membawa pembaca untuk memahami masa lalu dari "aku". Tiap bagian memainkan peranannya masing-masing. Pada bagian pertama, pembaca disuguhkan bait-bait puisi tentang perasaan yang (katakanlah) tak terbalas, atau cinta yang tidak mendapatkan pembalasan. Lalu, Sirkus Duka Cita memberikan sajian kata-kata penuh kebimbangan. Seperti duka yang ramai di dalam sirkus, kegalauan-kegalauan semakin nyata. Dan buku ini ditutup dengan puisi-puisi manis khas orang kasmaran yang dimabuk oleh cinta.

Pada setiap bagian dari buku puisi ini, selalu ada ilustrasi yang memberikan kesan dari keseluruhan puisi milik Lang Leav. Tapi sisanya, tidak ada apa-apa. Hanya sajak-sajak Lang Leav dan bait-bait yang tersusun sederhana. Tapi, karena kesederhanaan itu juga yang membuat puisi-puisi Lang Leav terasa seperti memiliki makna yang cukup mendalam.

Yang unik dari buku ini adalah selain puisi-puisi, Lang Leav juga memberikan tulisan yang cukup panjang. Seperti flash fiction, namun dengan diksi-diksi yang tetap bak puisi. Emosi yang ditata sedemekian rupa, bisa membuat pembaca ikut merasa sedih dan terluka, sebagaimana kesan dari buku ini. 

Isi buku ini kebanyakan mengenai sebuah cinta yang tak berbalas, karena hal apalagi, sih yang masuk kategori lebih sial daripada cinta yang tak berbalas, bahkan penolakan pun rasanya tak terlihat sesial itu. Well, yang lebih buruk dari cinta yang tak berbalas adalah ketika kita sudah sangat dekat dengan orang yang kita sayangi, saking dekatnya sampai kita dan orang lain menganggap bahwa kita dan orang yang kita sayangi ini merupakan pasangan serasi, sampai akhirnya kita tahu bahwa orang itu nggak menyayangi dengan cara yang sama seperti kita menyayanginya, atau dalam bahasa singkatnya, kamu terjebak dalam FRIENDZONE.

Sebagian besar puisi Lang Leav pun kental dengan sudut pandang wanita, sehingga pembaca laki-laki terkadang tidak dapat menginterpretasikan makna sesuai apa yang dimaksudkan penulis. Bahkan, tak sedikit pembaca menyebutkan bahwa puisi-puisi dalam Love & Misadventure terlalu kekanak-kanakan, tak ubahnya buku harian seorang remaja.

Karya Lang Leav, penyair dan seniman, berayun-ayun diantara yang jenaka dan nelangsa, memperlihatkan kompleksitas di balik tampak luar yang kekanak-kanakan. Lang telah menerima Qantas Spirit of Youth Award and Churchill Fellowship yang prestisius. Artworknya telah di pamerkan dalam skala internasional dan dia terpilih untuk berpartisipasi dalam pameran Playboy Redux yang dikurasi oleh Andy Warhol Museum. Dia tinggal bersama pasangan dan kolaboratornya, Michael, di rumah kecil ditepi laut.

Memang membaca apalagi menilai puisi bukanlah hal yang mudah. Kata-kata yang dihadirkan oleh penulis dapat memberikan makna dan interpretasi berbeda-beda pada tiap individu. Pembaca yang merasa kisahnya terwakili dalam puisi akan cenderung merasa tersentuh. Sementara yang tidak, cenderung akan dengan mudah membalikkan halaman.

Secara keseluruhan, sesuai judulnya, buku ini berisi ratusan bait tentang cinta dan kesialan-kesialan yang datang darinya. Bila kau memiliki paling tidak satu kisah cinta yang sudah atau sedang kauarungi, pasti ada satu puisi di buku ini yang merepresentasikannya. Lang Leav memang memberikan kata-kata indah, tapi bila kaupakai "rasa", kata-kata indah itu akan memiliki arti mendalam bagimu. Penasaran kan sama puisi karya Lang Leav. langsung aja dateng ke Perpustakaan Universitas Airlangga kampus B, lokasi buku ini ada di layanan ruang Koleksi Khusus 1 Kampus B dengan no panggil 808.838 5 Lea l. Selamat Membaca,,..!!

Hits 1946