downloadPelatihan literasi informasi di Perpustakaan Universitas Airlangga sudah menjadi bagian aktivitas akademik sehari-hari. Divisi Pelatihan dan Pengembangan berdiri selama 2 (dua) tahun dan telah mengadakan berbagai pelatihan untuk sivitas akademika Universitas Airlangga.  Oleh karena itu beberapa instansi memberi kepercayaan kepada Perpustakaan Universitas Airlangga memberikan pelatihan literasi informasi baik secara outbond (di luar kampus) maunpun inbound (di dalam kampus).

Di bulan Februari tepatnya tanggal 8 Februari 2018 Univesitas PGRI Madiun mengirimkan staf pustakawan sebanyak 5 (lima) orang untuk belajar literasi informasi di Ruang Sidang Lantai 1 Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Pelatihan yang diadakan hanya sehari membahas materi mengenai Penelusuran Journal / Online Research Management (ORM) oleh Ika Rudianto, MSc (Koordinator Teknologi Informasi). Materi ORM memberikan cara-cara menelusur secara cepat tepat dan efisien dari berbagai platform ejournal provider yang dilanggan oleh Universitas PGRI Madiun melalui konsorsium.

Pembahasan materi selanjutnya mengenai pemanfaatan Reference Manager Mendeley oleh Nurma Harumiaty, S.Kom. (Staf Teknologi Informasi). Mendeley merupakan reference manager yang tidak berbayar (gratis). Sangat populer buat para akademisi di Universitas Airlangga. Materi mendeley antara lain: memberikan cara mengorganisir file-file di mendeley, cara mendownload artikel ke mendeley, sitasi secara cepat dan membuat daftar bibliografi / daftar pustaka secara otomatis diajarkan di Mendeley ini. Materi selanjurnya yaitu Cek Plagiarism yang diberikan oleh Prasetyo Adi Nugroho, S.Sos. Universitas Airlangga sudah melanggan software turnitin untuk cek plagirism karya ilmiah sivitasnya. Sedangkan PGRI Madiun belum melanggannya. Untuk itu diberikan teori-teori seputar plagiarism serta cara menanggulanginya.

Materi Literasi informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Airlangga sangat beragam. Hanya saja karena keterbatasan waktu sehingga pelatihan hanya diadakan sehari saja. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para staf pustakawan Universitas PGRI Madiun dapat mempraktekkan di tempat kerjanya. Memberikan pelatihan literasi informasi bagi sivitas akademikanya mengenai materi-materi yang telah diajarkan maupun tertantang untuk belajar lebih jauh berbagai ilmu pengetahuan lainnya untuk dibagikan ilmunya kepada sivitas akademika yang membutuhkan. (Nurma)

 

 

Hits 483