berita workshop

Dalam rangka HUT Perpustakaan Universitas Airlangga yang ke 63, panitia acara HUT mengadakan workshop gratis bagi perpustakaan sekolah di Surabaya dan sekitarnya. Workshop mengambil tema tentang manajemen perpustakaan sekolah berbasis digital. Tidak kurang dari 53 orang dari perwakilan sekolah yang hadir dan mengikuti workshop yang diadakan pada hari Selasa, 6 Maret 2018. Terdapat tiga sesi materi yang disampaikan kepada peserta workshop diantaranya tentang pemanfaatan media sosial, Pengembangan dan pengolahan bahan pustaka, dan manajemen perpustakaan digital melalui inlis lite.

Sebelum acara dimulai, Prof.I Made Narsa, SE., M.Si., Ak.CA selaku Kepala Perpustakaan memberikan sambutannya kepada para peserta. Seusai sambutan, maka materi yang pertama dipaparkan adalah mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai media promosi perpustakaan jaman now yang akan disampaikan oleh Agung Budi Kristiawan yang erupakan Koordinator Humas dan American Corner. Dalam paparannya, Agung memberikan penjabaran tentang fitur yang ditawarkan oleh masing-masing media sosial sampai media sosial manakah yang sedang hits di kalangan remaja saat ini. Karena sudah disediakan secara gratis, maka kita harus pintar memanfaatkannya untuk mempromosikan layanan hingga program perpustakaan yang kita kelola

Di materi kedua ada ibu Sugiati, Koordinator Pembinaan Koleksi yang memberikan materi mengenai bagaimana pengembangan koleksi dan pengolahan bahan pustaka. Disela-sela materi yang dipaparkan,dilakukan tanya jawab tentang pengalaman pustakawan sekolah untuk mengolah bahan pustaka berupa buku paket yang menumpuk hingga perhitungan kredit poin bagi pustakawan PNS.

Materi terakhir adalah tentang manajemen perpustakaan digital melalui inlis lite yang disampaikan oleh Ika Rudianto. Sebenarnya Inlis lite ini merupakan sistem otomasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI. Pada tahun ini Perpustakaan Unair akan launching pengunaan inlis lite sekaligus integrasi sistem dengan perpustakaan fakultas yang ada di Unair. Setelah diajak untuk mencoba Demo yang ada di menu Inlis lite, beberapa peserta ada yang menginginkan pelatihan lebih lanjut tentang inlis lite ini. 

Banyak dari peserta yang menginginkan kegiatan seperti ini berlangsung rutin, selain untuk menambah wawasan tentang perkembangan dunia perpustakaan juga untuk sharing tentang permasalahan yang terjadi di masing-masing sekolah.

 

Hits 527