IMG 1504 2Apa yang ada dalam benak anda saat mendengar kata Thailand? Satu kata yang paling menarik didekasikan untuk bangsa yang memiliki rasa hormat yang begitu tinggi kepada rajanya adalah keindahan alamnya dan kekuatan budayanya yang tak luntur oleh jaman. Selain itu, Thailand ternyata juga memiliki sistem pendidikan yang luar biasa, dan inilah yang dipilih oleh Indarwati Tika Shanti, mahasiswi Akuntansi untuk merasakan pendidikan di Thailand melalui Chulalongkorn University.

Merasakan kuliah di universitas nomor wahid di Thailand menjadi kebanggaan tersendiri bagi Tika, begitu sapaan akrabnya selain bisa merasakan berkumpul dengan warga lain di dunia yang bersekolah di sana, ternyata ada banyak keistimewaan yang di dapat saat studi di sana, salah satunya selalu mendapat diskon untuk berbelanja atau menggunakan sarana publik. Studi di Bangkok dan ada di pusat kota, menjadikan Tika harus tinggal di dorm yang dirasa sangat nyaman dan bisa belajar kapan pun dia mau karena terbukanya akses ke perpustakaan yang buka hingga dini hari bahkan mengakomodasi saat ujian berlangsung. Saat berada di sana, Tika diharuskan menggunakan seragam seperti yang lainnya, berbeda dengan di sini. Ada seragam khusus cowok dan cewek yang membedakan. Pengalaman yang sangat berharga ini, tidak akan pernah dilupakan oleh Tika, selain bisa transfer kredit, dia juga mendapat teman bahkan kolega baru.

Tika menyarankan untuk selalu update informasi mengenai beasiswa seperti yang dia peroleh melalui laman dari AGE yakni international.unair.ac.id dan bisa menghubungi dia untuk mendapatkan kisi-kisi agar sukses diterima. Pengalaman Tika sendiri harus melalui beberapa proses, selain tes dari Tim AGE, dia juga mendapatkan tes dari Tim Chula. Kunci penting saat wawancara atau essay adalah kontribusi kita setelah apa yang didapat.

Hits 194