IMG 20180320 154347 2Selasa 20 Maret 2018, sekitar 50’an guru-guru Bahasa Inggris dari beberapa wilayah di Jawa hadir dan meramaikan pertemuan di American Corner dan merupakan pertemuan secara nyata dimana sebelumnya berkutat di daring. Guru Bahasa Inggris yang hadir ini juga berasal dari beragam level mengajar, dari TK hingga Sekolah Menengah Atas. Acara ini merupakan inisiasi dari Regional English Language Officer yang merupakan unit untuk membantu pengajaran Bahasa Inggris dari Kedutaan Besar AS di Jakarta. Selain mengadakan workshop seperti ini, RELO demikian nama singkatnya juga memberikan bantuan beasiswa bagi siswa siswi yang kurang mampu untuk belajar Bahasa Inggris dan tergabung dalam program ACCESS.

Sesi di Surabaya kali ini, para guru diberikan pengetahuan tentang peran media social dalam mengajar. Media social menjadi sarana efektif untuk belajar dan memang ini tidak terpikirkan sebelumnya. Para guru bisa menggunakan media seperti Facebook, Twitter, Instagram bahkan Wikipedia untuk mengasah pembelajaran anak didiknya. Pembelajaran ini dengan memanfaatkan opini, interaksi melalui status atau bahkan membuat video dan kemudian diunggah. Sarana ini dirasa lebih efektif dan siswa tidak terbebani dalam belajar atau takut untuk menggunakan Bahasa Inggris. Pada kesempatan ini, pengajar dari RELO, yakni Robyn Stewart yang juga pengasuh program Chit Chat di AmCor juga menuturkan bahkan Google Map telah menjadi sarana kuat untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa informasi global, bahkan di Indonesia sendiri, demikian pula dengan aplikasi lain seperti Trip Advisor.

Media social bila dimanfaatkan memang menjadi sarana yang cukup efektif untuk belajar dan segi positif ini harus terus dikembangkan. Selain memberikan mengenai kisi dan trik bagaimana mengelola media social untuk pembelajaran, peserta juga diajak untuk mengembangkan ice breaking yang diperkenalkan oleh EPIC salah satu camp dimana mendidik calon-calon guru untuk mengajar lebih baik. Acara yang yang berlangsung dari pukul 12.30-16.00 ini diikuti peserta awal hingga akhir dan mereka cukup menikmati hingga paripurna.  

Hits 254