berita stortel

Masih dalam rangka semarak HUT Perpustakaan Universitas Airlangga ke 63, panitia acara menyelenggarakan kegiatan mendongeng untuk anak-anak TK/PAUD. TK/PAUD yang diundang dalam acara ini adanya TK Melati dan TK Anak Ceria dengan jumlah anak yang hadir kurang lebih 30 anak. Kegiatan mendongeng ini menjadi agenda rutin perpustakaan setiap tahunnya, selain diadakan di perpustakaan dengan mengundang sekolah yang datang, seringkali tim pengabdian masyarakat yang datang ke sekolah untuk mendongeng dan membagikan buku cerita kepada anak-anak.

Pada hari Selasa, 10 April 2018 acara mendongeng dilaksanakan di ruang Diskusi Lantai 1. Tema cerita dongeng pada hari itu adalah tentang Monyet dan Gajah yang hidup di hutan namun tidak peduli akan kebersihan lingkungannya, sehingga menyebabkan mereka terserang penyakit. Setelah sembuh mereka baru menyadari jika menjaga kebersihan sangatlah penting, bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan. Pelajaran yang dapat dipetik oleh anak-anak dari dongeng yang dibawakan oleh para Pustakawan Unair adalah untuk mencintai kebersihan dan berperilaku jujur. Melalui kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan ini diharapkan dapat merangsang kecintaan anak pada buku dan membaca. 

Setelah mendengarkan dongeng dan menerima hadiah dari panitia, anak-anak diajak berkeliling perpustakaan, namun hanya di lantai 2. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sejak dini tentang fungsi dan manfaat perpustakaan bagi mereka,selain itu juga untuk memperkenalkan profesi pustakawan. Bahwa pustakawan bukan hanya duduk manis saja menunggui buku, namun pustakawan adalah profesi yang dituntut untuk multitasking dan mengikuti perkembangan terbaru khususnya bidang informasi.

Hits 73