berita literasi

Bagian Pelatihan dan Pengembangan atau yang biasa disingkat Latbang merupakan divisi yang umurnya paling muda di Perpustakaan Unair. Namun begitu sudah banyak kegiatan yang dimotori oleh bagian Latbang, baik untuk internal perpustakaan maupun diluar perpustakaan. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka HUT Perpustakaan ke 63 adalah Workshop Literasi Informasi. Workshop tersebut diikuti oleh para Pustakawan dari Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jawa Timur.

Materi workshop literasi disampaikan oleh empat narasumber, yaitu Novita Dwi Anawati (Pustakawan Unair), Dadi Haryadi (Sagung Seto), Amirul Ulum (Ketua FPPTI Jatim) serta Nurma Harumiaty (Pustakawan Unair). Sebanyak 60 pustakawan dari beberapa daerah di Jawa Timur hadir untuk mengikuti wokrshop yang diadakan secara gratis oleh Perpustakaan Unair. Dari sambutan yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan Unair, Prof.Dr. I Made Narsa, SE., M.Si., Ak.CA bahwa saat ini peran pustakawan bukan hanya sebagai penjaga buku namun sudah harus bertransformasi menjadi patner peneliti. untuk itulah Perpustakaan Unair berusaha untuk mengajak pustakawan-pustakawan perpustakaan perguruan tinggi untuk berbenah dan membekali diri dengan pengetahuan yang baru.

Materi yang disampaikan diantaranya tentang bagaimana strategi menelusur informasi, bagaimana menelusur jurnal elektronik EBSCO. Selain itu ada materi tentang plagisrisme, yaitu bagaimana meminimalisir plagiarisme baik melalui gerakan Ak Sa Ra maupun melalui softwer antipalgiarism, dan selanjutnya adalah materi tentang reference manager Mendeley yaitu bagaimana membuat sitasi dan daftar pustaka secara otomatis.

Bagi peserta workshop maupun pustakawan yang belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat mengunduh materinya di http://www.lib.unair.ac.id/index.php?option=com_weblinks&view=category&id=135&Itemid=315&lang=id

 

Hits 70