IMG 3958 2Perpustakaan bukan hanya sebagai gudang buku namun harus menjadi mitra dari peneliti dan inilah yang mengomandani Perpustakaan UNAIR untuk membuat Seminar Internasional dan Call For Paper yang bertajuk transformasi perpustakaan sebagai pengelola data penelitian guna menunjang universitas berkelas dunia. Dengan melibatkan beberapa pakar untuk memberikan kobaran semangat bagi para staf yang bekerja di dalamnya. Gelaran Seminar dan CFP ini diselenggarakan Rabu 25 dan 26 April 2018 di Hotel Luminor Surabaya.

Di hari kedua Seminar Internasional, menghadirkan Ibu Radia Banu, beliau adalah salah satu pustakawan di Universiti Sains Malaysia (USM), memaparkan begitu pentingnya bekerja bersama tim untuk pencapaian tujuan. Selain itu mampu menelaah atau mengidentifikasi kerjasama dengan pihak lain yang bernilai prospektif untuk mewujudkan cita-cita universitas, sangat diperlukan. USM telah memberikan contoh kepada kami, salah satu kerjasama yang diadopsi dari mereka adalah terselenggaranya kelas-kelas yang diadakan untuk menunjang kegiatan perkuliahan para sivitas.

Sedangkan Ibu Beverly dari University of Science and Technology of Southern Philipines mengatakan pentingnya penggunakan penyimpanan data penelitian untuk temu kembali informasi selain itu juga menghindari hilangnya data yang ada. Buku, jurnal dan karya sivitas berupa repository merupakan produk ilmiah yang sepatutnya juga mendapatkan tempat terbaik untuk dikelola dan diorganisasi serta layak untuk dibagikan ke semua orang sehingga karya yang dihasilkan dapat dimanfaatkan bersama bahkan bisa berkolaborasi untuk menciptakan karya yang baru.

Program Seminar dan CFP ini dihadiri oleh puluhan pustakawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta dan juga tidak ketinggalan para mahasiswa dari Universitas Negeri Malang yang turut mengirimkan dutanya menghadiri acara ini.

Hits 195