bedah buku stikom

Salah satu Pustakawan Unair yaitu Nadia Tsaurah hadir dalam acara  bedah buku “Ringankan Akhiratmu dengan Menanam Tumbuhan”  pada hari Jumat, 18 Mei 2018 di Perpustakaan STIKOM Surabaya. Buku yang ditulis oleh Wawan E. Efendi tersebut membahas mengenai shodaqoh yang saat ini sudah menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Namun, kecenderungan orang bershodaqoh mungkin masih berupa finansial. Padahal, Allah telah memberikan kesempatan lebih dari itu. Shadaqah dapat direalisasikan dalam berbagai perbuatan, salah satunya adalah menanam tumbuhan. Menanam tumbuhan pun juga dapat menjadi shadaqah, bahkan shadaqah jariyah yang pahalanya terus mengalir walaupun kita sudah meninggal.

Bagaimana mungkin menanam tumbuhan walaupun hanya satu dapat menjadi shadaqah jariyah? Dalam kegiatan bedah buku yang diselenggarakan dalam peringatan Hari Buku Nasional, 17 Mei tersebut dijelaskan dengan sangat rinci oleh penulis tentang berbagai manfaat tumbuhan dari sisi ilmu dunia dan akhirat.

Tumbuhan adalah makhluk hidup ciptaan Allah yang sengaja dirancang sedemikian rumit dan memegang peranan vital dalam kehidupan. Tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen (O2). Secara sederhana, untuk menghasilkan oksigen, tumbuhan memanfaatkan karbon monoksida (CO2) dan air (H20). Untuk manusia melanjutkan hidup, oksigen dibutuhkan untuk bernafas. Oksigen berperan dalam proses pembakaran untuk memperoleh energy yang dapat digunakan untuk bergerak, berfikir, dan aktivitas lainnya.

Mari kita pikirkan berapa harga oksigen yang kita hirup setiap harinya? Sejauh pengamatan penulis, saat ini harga oksigen per liternya berada di kisaran harga Rp. 20.000,- sampai Rp. 25.000,-. Dalam satu jam saja, manusia memerlukan oksigen sebanyak 53 liter. Artinya, jika dirupiahkan kita telah mengkonsumsi oksigen senilai Rp. 1.060.0000,- Sementara dalam satu hari, manusia mengkonsumsi oksigen senilai Rp. 25.440.000,-

Patutlah kita bersyukur. Dari nikmat tersebut, Allah menunjukkan kepada kita bahwa jalan menuju surganya sangatlah terbuka luas. Meskipun hanya dengan menanam tumbuhan, kita dapat bershadaqah jariyah dengan nominal rupiah yang begitu besar. Hanya dengan menanam tumbuhan saja, kita dapat menuai pahala yang begitu besar.

Melalui kegiatan ini peserta yang hadir pun merasa termotivasi dan tergugah untuk ikut andil dalam memelihara ekosistem bumi, yakni menanam tumbuhan.

Menanam adalah shadaqah jariyah untuk menghilangkan racun, mencegah global warming, memberikan kenyamanan beribadah, memberi kebahagiaan makhluk hidup lainnya, menyuburkan tanah, serta mencegah bencana alam.

Hits 99