IMG 20180514 WA0004Kerjasama antara Manajemen Informasi dan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM)  serta Goethe Institut Jakarta menyelenggarakan Seminar dan Call for Paper tentang Open Science, Digital Fingerprint & Mapping, Data Visualization, Data Librarianship, dan Library Cooperation. Acara mengambil tajuk International Conference on Knowledge and Scholarlay Communication  berlangsung di Sekolah Pascasarjana  UGM, Yogyakarta, pada  tanggal 14-15 Mei 2018.

Acara terbagi dalam dua hari yaitu hari pertama hari Senin, 14 Mei 2018. Seminar ini menampilkan para pembicara yaitu Prof. Dr. Ursula Georgy dari Cologne University Jerman membawakan makalah Crowdsoursing The Cultural Heritage. Dr. Thorsten Meyer dari Leibnisz Info Center Jerman membawa makalah dengan judul Open Science –
New Roles for Scientific Libraries?!
. Dr. Ismail Fahmi, inisiator Indonesia OneSearch (IOS) Data Visualization and Trends in Education. Pembicara terakhir pada hari pertama adalah Ida Fadjar Priyanto, Ph.D. dari UGM menampilan tema Mapping  Digital Resident.

Setelah sesi seminar selesai, dilanjutkan dengan presentasi call for paper dari peserta. Pemateri dalam call for paper adalah berasal dari mahasiswa, praktisi, pemerhati sains informasi dan perpustakaan. Pustakawan Universitas Airlangga yaitu Dewi Puspitasari dan Ani Sistariana juga ikut mempresentasikan tulisan yang berjudul  “Information seeking behavior of Airlangga University Students (health cluster, humaniora cluster, and cluster science)”.  Di akhir presentasi  Dr. Nico Sandfuchs memberikan masukan kepada setiap presenter berkaitan dengan substansi artikel. Hari kedua, presentasi juga dilanjutkan oleh para presenter. Setelah itu seminar kembali dilanjutkan dengan para pembicara Prof. Dr. Ursula Georgy mengenai Quo Vadis Ilmu Perpustakaan dan juga para pembicara yang  lain yaitu Dr. Nico Sandfuchs dari Goethe Institut Jakarta, Safiratu Khoir, Ph.D. dari UGM dan Fadjar Priyanto, Ph.D.Seminar dan Call for Paper kali ini  banyak membuka wacana dan khasazah baru khususnya bagi para praktisi dan akademisi seperti Crowdsoursing, fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam Indonesia OneSearch dan masih banyak lagi.   

Hits 260