stok opname

Di bulan Juli ini Perpustakaan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan stock opname, yang dilakukan serentak di perpustakaan kampus A, B dan C. Kegiatan ini dilaksanakan di bulan Juli karena bertepatan dengan libur semester sehingga jumlah mahasiswa yang datang ke perpustakaan sedikit. Dalam masa aktif kuliah mahasiswa yang datang ke perpustakaan dalam sehari rata-rata berjumlah 1.500 orang, namun ketika libur rata-rata yang berkunjung ke perpustakaan hanya 400 orang.

Kegiatan stock opname ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini dari bahan pustaka buku yang dimiliki oleh perpustakaan, diantaranya kondisi fisik buku, ketersediaan buku, kelengkapan buku serta untuk mengecek kesesuaian data buku dengan database. Tahun ini aplikasi yang digunakan untuk melakukan stock opname adalah AILIS dengan alamat http://ailis.lib.unair.ac.id/.

Semua staf terlibat dalam kegiatan ini, yang mana sudah dibagi dalam beberapa kelompok dengan pembagian jam kerja sesuai kelompok masing-masing. Wilayah kerja atau nomor kklasifikasi buku yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok juga sudah bagi. Dalam satu kelompok terdiri dari dua sampai tiga orang. Perlengkapan untuk kegiatan ini sudah disedaiakan oleh koordinator stock opname, diantaranya masker, spidol dan buku panduan.

Selama dilaksanakannya stock opname di bulan Juli, perpustakaan tidak melayani peminjaman dan perpanjangan buku, hanya melayani bebas pinjam dan pengembalian buku saja. Hal tersebut untuk menjamin agar semua koleksi buku melalui proses stock opname ini. Selain itu,  jam buka perpustakaan selama bulan Juli adalah Senin-Kamis pukul 07.30 - 16.00 Wib ; Jumat pukul 07.30-16.30 Wib dan Sabtu pukul 08.00 - 16.00 Wib. Targetnya akhir bulan Juli kegiatan telah selesai. 

 

Hits 400