parenting

Generasi millenial merupakan generasi yang tidak bisa lepas dari gadget, karena gadget bukan hanya soal gaya hidup namun sudah menjadi kebutuhan. Penggunaan gadget sebenarnya ada batasan umur bagi pemakainya, akan tetapi hal itu kurang diperhatikan oleh para orang tua. Di Indonesia pada umumnya para orang tua sudah memberikan gadget pada anak balita sekalipun, mereka tidak menyadari banyak dampak negatif yang bisa diterima oleh anak. Untuk itulah Perpustakaan Unair mengadakan pengabdian masyarakat dengan menghadirkan seminar tentang bahaya gadget untuk orang tua PG/TK taman baca binaan.

Seminar ini mengundang Dyah Kusumaningayu Ratna Kartika, S.Hub.Int., M.KP (konsultan anak kecanduan gadget) dan Dr. Soehardjoepri, M.Si (konsultan keluarga sakinah). Dalam paparan materinya Dyah Kartika menjelaskan tentang beberapa perbedaan generasi jaman dulu dengan generasi jaman sekarang. Mulai dari pergaulan, cara belajar hingga terkait dengan uang saku. Jika jaman dahulu uang saku untuk dibelikan makanan atau mainan, anak jaman sekarang mengumpulkan uang sakunya untuk membeli pulsa atau warnet/game online.  Dipaparkan juga tentang kiat-kiat mendidik anak di era millenial ini, setidaknya ada delapan hal yang patut diperhatikan. 

Materi yang kedua adalah tentang bagaimana mendidik anak secara islami oleh bapak Djoepri yang merupakan salah satu dosen ITS  jurusan Matematika. Materi kedua ini memaparkan tentang tahap-tahap pendidikan melihat dari usia anak. Pendidikan anak harus lebih banyak dipegang peranannya oleh keluarga, jangan mengandalkan pembantu atau pengasuh. Jika dalam keluarga. ayah ibunya sama-sama bekerja, pendidikan ke anak harus dimaksimalkan pada saat-saat "golden time", yaitu sepulang ayah ibu bekerja hingga anak tidur. 

Seminar ini mengundang ibu-ibu serta guru PG/TK Taman baca binaan Perpustakaan Unair, serta dihadiri oleh ibu-ibu UKM dan beberapa mahasiswa. Bagi ibu-ibu yang mengajak anak, panitia sudah menyediakan tempat khusus yaitu di American Corner. Panitia dan Troppers Amcor mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar dengan membaca buku-buku, bercerita dengan boneka tangan serta beberapa permainan. Diakhir acara diadakan pembagian doorprize bagi peserta yang mengajukan pertanyaan.

Hits 226