Memulai Bisnis Kreatif dengan Menulis

bedah buku

Era saat ini adalah eranya bisnis kreatif, mulai dari startup, kuliner, fashion hingga bidang tulis menulis. Pada hari Jumat, 9 Nopember 2018 Perpustakaan UNAIR mengadakan program Bincang Siang dengan tema "Menulis, bisnis kreatif menjanjikan tanpa modal besar". Sebagai narasumber mengundang salah satu dosen Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Fithriyah, SE, MPA, Ph.D., dan alumni Fakultas Ilmu Budaya Reza Wardhana, dan sebagai moderator adalah Lalu Abdul Fatah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kedua narasumber sudah menghasilkan buku yang diterbitkan secara indie, dan saat ini sedang proses pemasaran karya-karya mereka. Genre tulisan yang dibahas dalam acara bincang siang adalah fiksi, yang berjudul Surya Candra dalam cerita hasil karya Fithriyah dan Pemburu Halimun (sebuah novel kriminal) karya Reza Wardhana.

Dalam bincang siang yang dihadiri kurang lebih 30 orang mahasiswa UNAIR tersebut berjalan santai dan interaktif. Narasumber mengupas tuntas tentang bagaimana pengalaman mereka selama menulis karya mereka. Hal-hal yang hendaknya dilakukan apabila serius ingin menekuni dunia menulis juga dijabarkan oleh para narasumber. Dijelaskan pula plus dan minusnya menerbitkan buku melalui penerbit mayor dan indie serta strategi pemasaran buku mereka.

Di sela-sela acara moderator memberikan kesempatan pada narasumber untuk memberikan tantangan pada peserta, dan ada hadiah buku bagi peserta yang berani menghadapi tantangan. Tantangan pertama datang dari Ibu dosen, yang mana meminta pada peserta untuk membuat cerita singkat dengan setting waktu dan tempat acara Bincang Siang. Dan tantangan dari kedua datang dari Reza, yang mana Reza meminta peserta untuk membuat judul "plesetan" dari novelnya. Terdapat dua peserta yang berani menjawab tantangan dan berhasil mendapatkan buku dari masing-masing penulis.

Hits 413