workshopseries

Rabu, 28 November 2018 perpustakaan mengadakan kembali workshop series dengan tema sukses publikasi ilmiah dengan cerdas akses e-resources. Workshop ini ditujukan bagi sivitas akademika (siva) Universitas Airlangga khususnya dosen, mahasiswa S3 dan S2 yang lebih fokus pada penelitian. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 Wib ini diawali dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan UNAIR Prof. I Made Narsa, SE., M.Si., Ak. CA. Dalam sambutannya Prof. Narsa menjelaskan alasan utama diadakannya workshop ini adalah untuk mendukung langkah UNAIR untuk mencapai rangking 500 dunia. Yang bisa dilakukan oleh perpustakaan adalah mengajak siva UNAIR memaksimalkan pemanfaatan e-resources yang sudah dilanggan UNAIR dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan platform-platform yang sudah dilanggan. Pemanfaatan platform oleh siva secara maksimal sangat diharapkan, namun dengan cara-cara yang "normal". Dengan begitu akan memudahkan siva jika ingin mempublikasikan karya ilmiah mereka ke dalam jurnal yang bereputasi. 

Workshop series ini diikuti oleh kurang lebih tujuh puluh orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pascasarjana. Materi workshop diberikan langsung oleh para provider jurnal yang menjadi rekanan UNAIR yang dibagi menjadi empat sesi. Dalam setiap sesi, peserta mendapatkan materi yang berbeda dari setiap provider, dan tidak lupa banyak hadiah yang disediakan untuk peserta yang aktif bertanya atau menjawab pertanyaan dari para narasumber. Materi dalam sesi terakhir adalah mengenai pemanfaatan Mendeley sebagai reference manager yang dibawakan oleh salah satu pustakawan UNAIR, Nurma Harumiaty dan berakhir hingga pukul 15.30 Wib.

Antusiame peserta dalam workshop ini sangat tinggi, terbukti banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta baik mengenai pemanfaatan ejournal yang dilanggan maupun strategi untuk publikasi ilmiah di jurnal yang bereputasi. Tips yang diberikan oleh pak Dwi dari PT. Jasaraya Tama Jaya Buana untuk oublikasi artikel ilmiah di jurnal internasional adalah menentukan spesialisasi bidang ilmi( pilih subyek yang unik, bukan yang umum); memilih jurnal (nasional, internasional, pembaca, peer reviewed); mencari referensi yang tepat; cek jurnal yang dipilih; cek impact faktor dan hal-hal lain seperti lamana publikasi dan biaya yang harus dikeluarkan. 

Hits 178