resensi lia1

Dunia anak menggemari dongeng atau cerita, mereka sangat menikmati dan antusias pada kisah-kisah kepahlawanan, hewan/ binatang (fabel), nama-nama benda, dan perjuangan para tokoh. Tradisi mendongeng dan atau mendengar cerita di masa kanak-kanak ini sangat berpengaruh dan menjadi faktor yang membuat anak memiliki kemampuan atau keterampilan bahasa (membaca dan menulis). Misalnya cerita berupa dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia diibaratkan pada binatang (fabel). Karakter yang terdapat pada binatang tersebut dianggap mewakili karakter manusia dan diceritakan mampu berbicara dan bertindak seperti halnya manusia.

Buku kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak ini merupakan hasil riset penulis yang bersifat impresif mengenai mendongeng untuk pngembangan kecerdasan jamak anak. Melalui aktivitas mendongeng yang menyenangkan dengan intensivitas yang tinggi anak-anak menjadi semakin kreatif dan berkembang potensi kecerdasan jamaknya.

Penulis yang lahir di Brebes, 22 maret 1982 diperkenalkan dunia dongeng pertama kali oleh kedua orang tuanya. Mulai aktif menulis tahun 2013, dengan beragam karya yang focus pada kesusastraan. Penulis yang sekaligus merupakan dosen tetap di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto, juga mendirikan Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK) yang sudah 2 tahun berjalan sebagai tempat pendidikan kreativitas (gratis) untuk anak-anak desa yang jauh dari mapan dalam mengembangkan kreativitas dalam bidang angka, bahasa, warna, gerak dan music.

Menurut pendapat penulis, dongeng adalah dunia fiktif-imajinatif yang menyediakan berbagai nilai yang tepat untuk meningkatkan perkembangan anak. Satuan bahasa dongeng bisa meningkatkan perkembangan bahasa anak. Hubungan dan kerja sama antar tokohnya mampu meningkatkan perkembangan sosial anak. Nilai pendidikanya mampu meningkatkan perkembangan moral anak. Informasi pengetahuanya mampu meningkatkan perkembangan intelektual anak. Konflik emosional tokoh-tokohnya mampu meningkatkan perkembangan emosional anak. Dan dunia imagery-nya mampu meningkatkan imajinasi anak. Inilah kompleksitas perkembangan anak yang ada dalam dongeng.

Menyajikan topik bahasan penting perihal “kreatif mendongeng”, yakni: karakteristik dan kreativitas mendongeng, perkembangan dan kecerdasan anak, kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak.

Pada topik “karakteristik dan kreativitas mendongeng” membahas: karakteristik dongeng itu fiktif-imajinatif serta menyenangkan sekaligus mendidik, kreatifitas mendongeng dapat dilihat dari  kedekatan pendongeng dengan anak kemudian penguasaan terhadap materi dongeng lalu diikuti dengan langkah kreatif dari mendongeng.

Sedangkan “perkembangan dan kecerdasan anak”, membahas: perbedaan karakteristik perkembangan anak pada umumnya dengan karakteristik kecerdasan jamak anak yang beraneka ragam. Jika pada perkembangan anak umumnya kita mengenal bahasa, social, moral, intelektual, emosional dan imajinasi. Sedangkan pada jaman sekarang, kita mengenal kecerdasan jamak pada anak, yaitu seperti music, kinestetik tubuh, linguistic, spasial, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan logika-matematika.

Pada bagian terakhir penulis menyuguhkan “kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak”, dalam topic ini membahas secara detail penanganan, permasalahan dan contoh materi dongeng dengan pendekatan kecerdasan jamak anak. Tak hanya materi apa yang cocok untuk digunakan namun alat dan bahan yang harus digunakan atau disesuaikan, serta waktu pelaksanaan yang tepat ketika mendongeng. Yang terpenting adalah tujuan dari mendongeng itu sendiri untuk apa, agar tepat sasaran.

Harapan penulis, semoga buku ini bisa memberikan kemanfaatan bersama.  Bisa memberikan kesadaran orang tua tentang pentingnya mentradisikan mendongeng untuk anak-anak. Bisa membuat anak-anak Indonesia semakin mulia akhlaknya dan mendunia ilmunya. Bagi pemustaka yang penasaran dengan buku ini, dapat menemukannya di Koleksi Khusus Kampus C dengan deskripsi singkat sebagai berikut :Judul : Kreatif mendongeng: untuk kecerdasan jamak anak; Penulis : Heru Kurniawan; Penerbit : Gramedia Pustaka Utama; Deskripsi fisik : xvi, 170 hlm., 20 cm, ilus., paperback;Terbit : 2016; ISBN  : 978-602-383-005-5; Nomor panggil 808.543 Kur k-3; Resensor : Yuliana Ariandini A., S. IIP

Semoga bermanfaat, selamat membaca!!

Hits 49