beternak itik

Itik adalah hewan unggas yang senang mencari makanan di tempat yang berair. Hal itu ditunjukkan dari struktur fisik itik yang memiliki selaput pada jari kakinya dan paruh yang lebar dan panjang. Didalam bahasa Jawa itik dikenal dengan istilah bebek. Kelebihan dari beternak itik adalah itik lebih tahan penyakit dibandingkan dengan ayam.

Beternak itik memiliki banyak manfaat karena hampir semua bagian dari itik bisa dimanfatkan. Yaitu daging itik, daging itik dapat diolah menjadi makananyang lezat misalnya itik goreng, itik panggang. Selanjutnya telur itik dapat dijadikan telur asin. Kotoran iti juga dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Selain itu, itik petelur merupakan salah satu komoditas peternakan potensial di dalam negeri. Permintaan telur itik yang tinggi, membuat usaha peternakan itik petelur layak dijadikan sebuah usaha. Saat ini, banyak orang menjalankan usaha peternakan itik petelur secara intensif. Dengan tujuan efisiensi usaha, memudahkan pemeliharaan, memudahkan kontrol pemberian pakan, serta menciptakan peternakan itik yang terbebas dari jenis penyakit melalui manajemen pemeliharaan, vaksinasi dan biosecurity.

Buku yang memiliki 110 halaman dan 7 Bab ini menyajikan hasil tulisan yang bermanfaat sekali bagi pembacanya. Informasi - informasi yang berhubungan dengan usaha beternak itik petelur menjadi sangat mudah untuk diterapkan. Tidak lupa penulis menyertakan Analisis Usaha sebagai bahan untuk memulai usaha dengan memperhitungkan modal awal atau biaya investasi, biaya operasional, penerimaan hasil, keuntungan dan pay back periode yaitu perbandingan antara total investasi dengan keuntungan yang diperoleh.

Ditulis oleh Drh, Agustin Polana, penulis yang lahir di Kota Pahlawan yaitu Surabaya, 21 Agustus 1960. Lulus menjadi seorang dokter hewan dari salah satu universitas di Bogor yaitu IPB pada tahun 1983. Dalam buku ini, penulis berniat ingin menyampaikan informasi bahwa peluang untuk usaha beternak itik petelur master dan seluk beluk cara budi dayanya, diharapkan dapat menginspirasi dan menumbuhkan minat usaha bagi pembaca.

Koleksi ini sangat informatif sekali bagi pembaca yang ingin menambah wawasan tentang bagaimana cara membangun usaha dibidang peternakan. Koleksi ini dapat dibaca di ruang Koleksi Referensi Kampus C di nomor class 636.597 Pol b. Selamat membaca Kawan.  Salam literasi.

Hits 59