IMG 20181205 095117Keren banget ya, bila artikel jurnal anda lolos di jurnal internasional, nah bagaimana caranya? Rabu 5 Desember 2018 sekitar pukul 09.30, Perpustakaan UNAIR bekerjasama dengan Sagung Seto mendatangkan seorang pembicara dari Singapura Joe Ng yang merupakan editor bagian Hukum dan Ilmu Sosial di Cambridge University Press. CUP berdiri 1534, merupakan lembaga independen serta nirlaba yang mendukung penuh kegiatan penelitian dan pembelajaran di Universitas Cambridge untuk mewujudkan perguruan tinggi terbaik. 1584 adalah tahun pertama dimana CUP menerbitkan buku dan kini sudah tersebar di penjuru dunia, yakni lebih dari 50 negara.

Editor CUP yang menjadi penentu dimana artikel kamu diterima atau ditolak dinamakan Syndicate terdiri dari para profesor di tiap fakultas dan juga anggota CUP. Kualitas terbitan khususnya  terhadap bidang humaniora, ilmu sosial, sains, teknik, teknologi dan ilmu kedokteran tak perlu diragukan lagi. Lebih dari 20.000 jurnal, 2 juta artikel per tahun bahkan lebih dari 200.000 buku baru diterbitkan oleh CUP dan mendistribusikannya.

Sebelum mengirimkan naskah anda ke jurnal internasional, ada 3 langkah yang harus diingat yakni ABC, A adalah Accuracy, B ialah Brevity dan C yakni Clarity. Membuat artikel haruslah akurat, ringkas dan jelas. Tulisan panjang bukan berarti bagus, namun harusnya, penulis paham betul narasi yang dibuat, apalagi penggunaannya yang berbahasa Inggris harus menempatkan paragraf pertama sejelas mungkin, karena bagian selanjutnya sangat berkaitan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengunduh narasi yang diberikan oleh pemateri dalam link berikut http://bit.ly/howtopublish51218

Acara hari ini ditutup dengan pemberian doorprize yang cukup menarik peserta, ada 4 pertanyaan yang mampu dijawab dengan mudah oleh peserta. Acara diakhiri dengan sesi foto dan sedikit tanya jawab dengan pemateri dimana mereka belum sempat bertanya lebih lagi setelah sesi tanya jawab yang diberikan berakhir. Ada satu pertanyaan yang cukup penting diberikan penanya, dan pemateri pun memberikan jawaban terbaik. Bagi anda yang mengirimkan artikel dan masih belum mengetahui tanda-tanda artikel tersebut diterima ataukah ditolak, ada baiknya menunggu dan menanyakan konfirmasi lengkapnya sebelum mengirimkan artikel ke pihak lain. Baiknya, artikel yang anda kirimkan adalah eksklusif dan bukan hasil lain.

Hits 94