MericaKetumbar dan merica, secara umum dikenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur pelezat masakan. Namun ternyata khasiat yang dimiliki oleh kedua jenis rempah-rempah ini bukan hanya sebagai penyedap dalam masakan saja, akan tetapi juga mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Kedua jenis rempah-rempah ini bukan merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Ketumbar diduga berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Dalam Bahasa Inggris disebut coriander, sedangkan masyarakat Amerika Selatan menyebut tumbuhan ini dengan nama cilantro. Tanaman ketumbar mirip dengan seledri, tingginya sekitar 1-2 meter. Jika ingin menanam ketumbar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 1. Curah hujan, tidak boleh terlalu terkena terpaan hujan; 2. Iklim, ketumbar merupakan jenis  tanaman yang tumbuh lebih baik di musim dingin; 3. Tanah dan Media Tanam, pada dasarnya tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Namun ketumbar paling cocok ditanam di tanah ringan, tanah lempung yang mengandung kapur atau bersifat basa dengan drainase yang baik; 4. Hama, tanaman ini juga rentan terserang hama, untuk mengatasinya hanya perlu ditangani seperti menangani hama perusak biji-bijian lain; 5. Pemanenan, masa panen tanaman ini yaitu setelah 3-3,5 bulan setelah tanam.

Merica atau lada merupakan rempah yang berasal dari India. Tanaman ini mempunyai daun yang lebar, berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing. Tumbuh merambat pada suatu tiang atau menjalar di permukaan tanah. Panjangnya bisa mencapai 15 meter. Ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan bagi yang ingin menanam tumbuhan ini, yaitu: 1. Iklim, waktu terbaik untuk menanam merica adalah musim hujan atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan; 2. Media Tanam, tanah yang subur dan kaya akan bahan organik merupakan area terbaik bagi tanaman ini; 3. Teknik Pembiakan, pastikan bahwa bibit merupakan jenis bibit murni dari tanaman induk yang sehat, bibit dapat diambil dari kebun induk yang telah berumur 10 bulan-3 tahun; 4. Penanaman, sistem penanaman monukultur merupakan pilihan terbaik bagi optimalisasi pertumbuhan tanaman; 5. Pemupukan, campur tanah galian dengan pupuk NPK, pupuk kandang, bisa juga ditambahkan urea, SP 36, dan KCl; 6. Pemeliharaan, panjatkan tanaman pada tiang panjat, pastikan tanaman cukup air, dan pemberian pupuk tambahan; 7. Hama, tanaman ini juga rentan terserang hama, untuk mengatasinya hanya perlu ditangani seperti menangani hama perusak biji-bijian lain; 8. Pemanenan, tanaman ini dapat dipanen ketika mendekati usia 3 tahun.

Dalam buku ini dijelaskan juga berbagai macam keunggulan dari ketumbar maupun merica. Ketumbar mempunyai kandungan nutrisi 11 komponen minyak esensial, 6 tipe senyawa asam (termasuk asam askorbat / vitamin C), berbagai mineral dan juga vitamin. Oleh Ramadhani Ray, dalam buku ini dijelaskan secara lengkap manfaat apa saja yang didapatkan dari biji ketumbar, yaitu untuk masalah kesehatan dan kecantikan, dari mulai masalah pencernaan, penyakit dalam, penyakit ringan, perawatan mata, masalah kewanitaan, fungsi seksual, masalah persendian, kecantikan kulit, dan berbagai manfaat lainnya. Sedangkan merica, menurut penelitian dalam 100 gram merica terkandung berbagai jenis nutrisi seperti, energy, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan berbagai vitamin (vitamin A, vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E), serat, kalium, mangan, magnesium, dan seng. Manfaat merica dalam kesehatan dan kecantikan antara lain, mengatasi masalah pencernaan, penyakit dalam, persendian, penyakit ringan, fungsi seksual, kecantikan kulit, perawatan rambut, dan berbagai manfaat lainnya.

Buku ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu, dari segi informasi yang disampaikan sangat jelas, bahasa yang digunakan juga mudah untuk dipahami, serta dilengkapi dengan gambar dari tumbuhan ketumbar dan merica itu sendiri. Penulis juga menyertakan ramuan atau racikan dari berbagai jenis masalah kesehatan maupun kecantikan secara lengkap dari mulai bahan-bahan yang dibutuhkan hingga cara membuatnya.

Tertarik dengan buku ini? Jika ingin membaca secara lengkap, bagi civitas akademika yang berminat untuk meminjam bisa dilakukan secara overnight. Berikut identitasnya: Judul Buku : Manfaat Ajaib Ketumbar & Merica: si Kecil Berkhasiat Besar; Penulis : Ramadhani Ray; Penerbit : Rapha Publishing; Tebal Buku : xiv + 160 halaman; Tahun terbit : 2017; Nomor Klas : 641.303 Ray m-1; Lokasi : Koleksi Khusus I Kampus B.

Selamat membaca!

Hits 54