20181203 134910

“Orang goblok itu nggak banyak mikir, yang penting terus melangkah. Orang pintar kebanyakan mikir, akibatnya tidak pernah melangkah”

Setuju atau tidak? Kalimat yang sering dianggap kontroversial dan  bertolak belakang dengan kelaziman, namun jika ditelaah lebih dalam, semua memang ada benarnya. Beliau memang fenomenal dan mampu memutarbalikkan pikiran orang dari yang awam sampai terpelajar. Sepenggal kalimat menarik yang tertulis di buku Bob Sadino : Goblok Pangkal Kaya, karya dari Hana Wisteria dengan jumlah 161 halaman.

Siapa yang tidak mengenal bapak satu ini yang selalu berpenampilan eksentrik dengan kemeja dan celana pendek jeans. Gaya bicara yang nyeleh, ceplas-ceplos dan semau gue yang kadang terkesan kontroversial. Dia adalah Bob Sadino, lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjung Karang Lampung, nama asli Bob Sadino adalah Bambang Mustari Sadino.

Bisnis adalah dunianya, hingga beliau dikenal ikon wiraswastawan tersohor di Indonesia. Kepiawaian beliau dalam bergaul yang membuatnya mudah dikenal oleh berbagai kalangan dengan tidak memandang usia dan strata sosial.  Kisah perjuangannya kerap terukir melalui sejumlah media di Indonesia. Ucapan pedas, kritik tajam, Goblok, nyinyir, sinis sangat melekat pada diri Bob Sadino, tak jarang sebagian orang menganggap Bob gila. Akan tetapi jika mengenal beliau lebih jauh, orang akan tau bahwa Bob Sadino adalah sosok yang bijaksana, filosofis dan religius.

Buku ini mengajak pembaca menyelami dunia Bob sadino dalam menggeluti bidang wirausaha dan bagaimana berfikir diluar akal sehat orang-orang normal pada umumnya. Proses demi proses berwirausaha ia jalani hingga pernah jatuh tersungkur dan hidup dalam kemiskinan. Tidak mudah menyerah merupakan prinsip hidup Bob sadino, hingga kesuksesan pun ia raih. Buku ini mencoba melestarikan gagasan-gagasan beliau dan berbagi pengalaman hidup yang tidak mudah sehingga beliau berpesan “saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak”.

 

 Rahasia sukses ala Bob Sadino adalah gagal. Tentu sebagian orang akan bertanya-tanya, mengapa bisa, orang berbisnis mencari kesuksesan atau untung tapi justru kegagalan yang dicari. Semakin banyak kegagalan justru semakin besar peluang keberhasilan. Tak ada kesuksesan yang diraih tanpa kegagalan. “keberhasilan itu adalah sebuah titik kecil yang berada di puncak segunung kegagalan. Maka kalau mau sukses, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya.”(Bob Sadino, halaman 120).

Banyak sekali inspirasi yang dapat kita gali dalam memandang sosok Bob sadino. Bukan hanya dari kesuksesannya, bukan pula dari celotehan kata-katanya yang nyinyir, goblok dan lain sebagainya, akan tetapi lebih kepada setiap tahapan kehidupan dan kejadian yang beliau alami yang membentuk kematangan dalam berfikir. Buku yang dikemas dalam alur cerita yang sangat runtut dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami pembaca. Koleksi buku ini dapat dibaca di Koleksi Khusus Kampus C dengan nomor klas 658.41 Wis b-3. Selamat membaca dan salam literasi.

Hits 79