Pustakawan UNAIR Menulis

WhatsApp Image 2018 12 20 at 12.43.50

Kelompok pustakawan UNAIR kembali melakukan pertemuan pada hari Rabu, 19 Desember 2018. Terhitung dalam bulan ini sudah dua kali diadakan kelompok pustakawan. Pada pertemuan kali ini, topik pertemuan kelompok pustakawan adalah pemantapan rencana pembuatan bunga rampai pustakawan UNAIR. Pembimbing penulisan buku Dr.Dra Rahma Sugihartati M.Si. mulai menyeleksi bagian pendahuluan dari masing-masing tulisan pustakawan. 

Pendahuluan yang sudah ditulis oleh para pustakawan dikumpulkan dan secara bergantian dibahas dan diberikan masukan oleh bu Rahma. Dalam pembahasan bab pendahuluan diselingi dengan penjelasan tentang isi pendahuluan yang baik, diantaranya alasan yang merujuk pada fenomena-fenomena mengapa menulis judul yang diambil.; mengetengahkan urgensi ; serta signifikansi/tujuan utamanya.

Pada pertemuan tersebut, Bu Rahma menyelingi dengan cerita perjalanan beliau bersama tim ke Australia dan salah satu tujuan perjalanan tersebut adalah ke Monash University. Pustakawan disana didukung penuh oleh instansi untuk meningkatkan pendidikannya dan peran pustakawan bukan hanya sebagai pelayan informasi didalam perpustakaan, namun sudah berperan aktif dalam keberlangsungan proses belajar mengajar dan penelitian di Monash University. Mahasiswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas dan penulisan karya ilmiahnya hingga peneliti yang sedang dalam penelitian, semua larinya kepada pustakawan sehingga peran pustakawan lebih "dilihat" disana. 

Untuk menuju kesana, tentunya pustakawan harus membekali diri dengan banyak kemampuan. Salah satunya dengan kemampuan menulis, hal tersebut yang sedang dimulai oleh para pustakawan UNAIR. Jika biasanya menulis artikel ilmiah, saat ini mencoba untuk menulis sebuah buku dalam bentuk bunga rampai. 

Hits 313