WhatsApp Image 2018 12 14 at 15.12.19

Apakah kamu suka membaca cerpen? Atau  malah seorang penulis cerpen? Yang jatuh cinta dengan dunia tulis menulis dan selalu ingin menulis cerpen, tapi masih ada rasa ganjal dalam hati sehingga menyebabkan  kamu tidak yakin dengan tulisan sendiri.

"Cerpen" bukan lagi kata asing di telinga masyarakat pada umumnya. Banyak orang tahu dan suka membacanya, bahkan cerpen dapat memikat seorang untuk menuliskanya. Sebuah cerpen yang memiliki alur cerita yang lebih pendek terkadang juga tidak memuat struktur seperti yang diatas. Sebagai contoh cerita-cerita pendek modern hanya sesekali mngandung eksposisi, yang lebih umum adalah awal yang mendadak dengan cerita yang dimulai di tengah aksi. Memasuki era orde baru, bidang sastra pun terjadi pembaharuan. Cerpen-cerpen dalam era ini memiliki kategori eksperimental dan pengaruh barat nampak dalam cerpen-cerpennya.

Dimasa ini, cerpen kini menjadi barometer perkembangan sastra. Cerpen termasuk karya tulis yang di sukai para penulis. Disamping penyalur batin, cerpen menjanjikan upah yang lebih tinggi dibanding puisi. Dalam hal ini media massa memegang jasa yang cukup besar sebab sebelum cerpen-cerpen dari para penulis dibukukan,banyak yang dipublikasikan terlebih dahulu dimedia massa. Tema merupakan inti dalam penulisan sebuah cerita atau dapat dikatakan jantungya cerpen. Oleh karenannya , dalam suatu sayembara kepenulisan cerpen,yang menjadi syarat utama adalah tema. Saat kita hendak menulis sebuah cerpen, hal yang menjadi pemikiran utama adalah tema

Penentuan judul dalam sebuah cerpen adalah hal penting. Judul merupakan salah satu pertimbangan bagi pembaca untuk memilih cerpen. Lalu apakah penulisan judul dilakukan sebelum menulis atau sesudahnya. Paragraf pertama dalam sebuah cerita dapat diibaratkan sebagai sihir pemikat untuk membaca paragraph berikutnya. Menulis paragraph pertama terkadang menjadi kendala karena sulit menyusun kalimat yang dapat memikat pembaca di awal cerita.

Oleh karena itu , sebelum menulis, penulis harus mengolah ide yang datang dan menggambarkan cerita apa yang akan ditulis dan bagaimana alurnya. Apabila penulis tidak terbiasa menulis outline terlebih dahulu, maka cukup digambar dalam imajinasi pikiran dan penyimpanannya baik-baik agar ide itu tidak terlupakan atau terganti dengan ide lain

Lalu, bagaimana sih cara menulis cerpen yang baik dan benar? Jika kamu memang seorang penulis cerpen maka harus mengetahui asal kelahiran cerpen dan mengenali cerpen lebih dalam lagi. Temukan rumus-rumus cerpen untuk menumpas "kegalauan" menulis, rambu-rambu kepenulisan cerpen yang sering dilanggar, hingga tips-tips menulis dari penulis terkenal dan simak bagaimana cerpen bisa membuatmu bisa sekolah di luar negeri dengan gratis!

Penasaran?  Tertarik dengan buku ini? Jika ingin membaca secara lengkap, bagi civitas akademika yang berminat untuk meminjam bisa dilakukan secara overnight. Berikut identitasnya:

Judul buku : Rambu-rambu menulis cerpen,

Penulis: Ainun Mas,

ISBN : 978-602-667-388-6,

Ukuran: 14×20 cm,

Jumlah halaman: 136 hlm,

Cetakan 1: 2017,

No.Klas : 808.066 6 Mas r.

Lokasi : Koleksi Khusus I Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B.

Hits 70