Being An Amazingly Creative Person

fisa 2

Judul : Being An Amazaingly Creative Person

Pengarang: Restia Ningrum

Penerbit : Psikologi Corner

Tebal buku : 206 Halaman 

Tahun terbit : 2017

Nomor klasifikasi :  KK. 153.35 Nin b-1

Pada era modern ini semua orang dituntut untuk berpikir kreatif dan menciptakan suatu hal yang baru baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kreatif secara umum adalah baik individu maupun kelompok yang menciptakan hal-hal baru. Sifat kreatif bisa dimiliki semua orang karena pemikiran orang satu dengan yang lain sangat berbeda, jadi untuk menumbuhkan sifat kreatifitas salah satunya adalah terus belajar.

Berpikir kreatif tidak hanya menciptakan hal-hal yang baru saja akan tetapi juga bisa dengan menerima pemikiran-pemikiran baru dan kemudian mengembangkannya. Sehingga untuk menumbuhkan sikap kreatif salah satuya  perlu membiasakan sikap kreatif dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari masalah mindset tentang lingkungan sekitar kita. Menurut Geoff Covin (2012) dalam penelitiannya bahwa banyak orang unggul dan kreatif dibidangnya bukan karena bakat alami yang dimiliki mereka, melainkan karena latihan yang mereka lakukan secara sadar dan terus meningkatkan diri. Sehingga kreatifitas dapat dilatih. Bagaimana cara melatih sikap kreatif tersebut, buku ini juga membahasnya.

Buku ini sangat cocok untuk memotivasi kita dalam mengembangkan pemikiran positif menjadi berpikir kreatif. Penulis mengemas pembahasan dengan sangat menarik dan gaya bahasa juga mudah dipahami. Melalui buku ini dapat dipelajari tentang gaya berpikir manusia kreatif, alasan-alasan mengapa harus kreatif, mengukur kreativitas, dan menemukan hal-hal yang menghambat kreativitas.

Dengan kita memiliki sifat kreatif maka akan lebih mudah untuk menghadapi masalah yang kita hadapi setiap hari. Masalah itu bisa jadi masalah yang memang sudah sering terjadi, atau sebuah masalah baru. Untuk masalah yang sering terjadi, tentu menjadi sebuah pertanyaan, kenapa masalah itu bisa berulang. Karena itulah, semua yang terlibat sebaiknya melakukan proses berpikir kreatif, agar bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu dengan lebih optimal, supaya masalah itu tidak terulang lagi.

Buku ini dapat ditemukan dan dibaca di Koleksi Khusus Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus A, B, dan C. Peresensi : Fahimatun Nafisa, S.Sos pustakawan yang bertugas di Ruang Baca Umum Perpustakaan Kampus A.

Hits 389