Rencana Kerja Unggulan Perpustakaan Universitas Airlangga Tahun 2019

pak made

Langkah Universitas Airlangga untuk menuju top 500 World Class University  (WCU) semakin gencar. Berbagai upaya dilakukan selama beberapa tahun ini, pada awal  tahun 2019 ini seluruh pimpinan dilibatkan untuk membahas berbagai strategi dan langkah untuk diaplikasikan selama satu tahun ke depan. Rektor UNAIR bersama seluruh jajaran pimpinan di lingkungan UNAIR menggelar Rapat Pimpinan dengan tema Sinergi Berkelanjutan Menuju UNAIR 500 Dunia. Bertempat, di Sakala Resort Bali, rapat pimpinan itu berlangsung mulai 17 Januari hingga 19 Januari 2019.

Termasuk dalam rapat pimpinan tersebut adalah Kepala Perpustakaan Universitas Airlangga, Prof.Dr. I Made Narsa, S.E., M.Si., Ak.CA dan Sekretaris Perpustakaan, Suhernik S.Sos., M.Si. Dalam rapat pimpinan Prof. Narsa melaporkan capaian-capaian yang sudah diperoleh oleh perpustakaan dalam periode tahun 2017-2018 serta memaparkan renca kerja unggulan tahun 2019 untuk mendukung program Universitas mencapai top 500 WCU.

Capaian yang diperoleh oleh perpustakaan diantaranya adalah ranking web repository http://repository.unair.ac.id/ yang naik menjadi urutan ke-2 di Indonesia dan ke-21 di dunia. Segi tingkat kepuasan layanan perpustakaan Unair mengalami kenaikan dari tahun 2017 yaitu 76% meningkat menjadi 83%. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya adalah jumlah koleksi perpustakaan baik e-journal database, e-books, buku cetak maupun koleksi repository mengalami kenaikan. Program kreatif yang semakin beragam di tahun 2018 serta jumlah komputer untuk akses eresources yang bertambah di tahun 2018 menjadi 168 unit komputer. Detailnya dapat disimak dalam gambar dibawah ini

Slide1

Rencana kerja unggulan Perpustakaan Unair di tahun 2019 ada beberapa hal, diantaranya adalah mewujudkan layanan mandiri dengan pengembangan sistem AILIS. Selain layanan mandiri, perpustakaan juga akan mengembangkan sistem Institutional Repository (IR) Unair berupa upload karya ilmiah secara mandiri. Selanjutnya adalah menciptakan mobile services, yang mencakup tiga hal yaitu mobile payment, perpanjangan online serta paperless. Secara fisik, banyak perubahan yang mulai dilakukan diantaranya adalah menambah ruang diskusi (saat ini sedang proses finishing ruang belajar berkelompok), menambah fasilitas dan komputer. Untuk program kreatif tahun 2019 masih mempertahankan program unggulan yaitu library class, library101,ORM (Online research Management) dan ditambah dengan program reguler lainnya.

 

Hits 528