53283576 1035341673301433 8707737539110240256 n

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah Nomphobia?? jangan-jangan kita termasuk salah satu orang yang termasuk dalam golongan nomophobia!. Ya, nomophobia ada singkatan dari no-mobile phone phobia. nomophobia merupakan suatu ketakutan yang disebabkan oleh kondisi tanpa ponsel atau tanpa akses ke ponsel (terutama telpon dan koneksi internet). Nomophobia merupakan kata lain dari kecanduan ponsel. 

Melalui program baru yaitu Psikopop, Perpustakaan Unair mengundang ibu Ike Herdiana, M.Psi., Psikolog. Untuk hadir menjadi pembicara. Kenapa topik yang dipilih adalah tentang gadget? karena fenomena saat ini semua kalangan pasti memakai gadget, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Nah bagaimana dampak pemakaian gadget, akan dibahas dalam program ini.

Diawal acara peserta diberikan kuis nomophobia , dari daftar pertanyaan diberikan nilai kemudian ditotal. Dari hasil total nilai bisa dilihat masing-maisng peserta termasuk dalam ketgori sama sekali tidak nomofobik sampai termasuk dalam nomophobia parah.

Nah, apa saja tanda-tanda orang yang sudah terjangkit nomophobia? menurut bu Ike, cirinya adalah cemas yang amat sangat ketika tidakpegang ponsel, ngecek notofikasi ponsel secara impulsive, takut low batm tidur bersama ponsel, aktivitas harian yang pertama kali dilakukan adalah sek ponsel, membawa ponsel kemanapun termasuk ke toilet.

Bagaimana cara mengatasi nomophobi? ada 14 cara yang bisa dilakukan untuk bisa lepas dari "gelar" nomophobia. Menurut bu Ike, yang bisa dilakukan adalah

1. sisihkan waktu setiap hari untuk menggunakan ponsel.

2. hindari penggunaan ponsel pada sembarang waktu.

3. matikan notifikasi yang dianggap kurang penting atau mengganggu.

4. latihan bernafas dalam-dalam.

5. hapus aplikasi yang meminta perhatian lebih

6. pergi ke zona tanpa sinyal

7. arsipkan dan hapus obrolan lama

8. lakukan hobby kalian

9. efisien dalam mengirimkan pesan

10. jangan gunakan ponsel sebagai jam alarm

11. simpan ponsel di kamar lain

12. matikan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur

13. meningkatkan relasi dengan orang lain (kehidupan nyata)

14. cari pertolongan jika sudah membutuhkan

 

 

 

Hits 230