Pembinaan Karir Pustakawan Universitas Airlangga

WhatsApp Image 2019 04 05 at 14.49.06

Pada hari Jumat, 5 April 2019 diadakan pertemuan antara Sekretaris Perpustakaan, Kasubag, Bagian Kepegawaian,  tim Penilai Angka Kredit (PAK) dengan staf lulusan ilmu perpustakaan yang telah menjadi pegawai tetap Unair. Pegawai tetap yang memiliki latarbelakang pendidikan perpustakaan yang berjumlah delapan orang dikumpulkan untuk sosialisasi pembinaan karir sebagai pustakawan. Dari delapan orang tersebut, dua orang staf dengan latarbelakang pendidikan D3 Perpustakaan tercatat sebagai pustakawan ketrampilan dan enam orang staf dengan latabelakang S1 tercatat sebagai pustakawan keahlian.

Diawal Sekretaris Perpustakaan, Ibu Suhernik, S.Sos., M.Si memberikan penjelasan tentang jenjang jabatan pustakawan, angka kredit serta unsur-unsur kegiatan pustakawan. Kemudian dilanjutkan oleh ketua tim PAK, Ibu Sugiati, S.Sos memberikan pendampingan penyusunan DUPAK. Menurut ibu Sugiati, pengangkatan pertama fungsional pustakawan berdasarkan pada dua sumber, yaitu Permenpan dan RB RI nomor 9 tahun 2014 tentang jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya serta Peraturan Kapusnas RI nomor 11 tahun 2015 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya.

Tahapan dalam menyusun DUPAK adalah membuat kegiatan harian yang dilengkapi bukti fisik ; membuat kegiatan bulanan; membuat kegiatan tahunan; membuat rekap (dari kegiatan tahunan); membuat DUPAK; membuat surat pengajuan penilaian AK ke Tim penilai dan semua berkas diserahkan ke tim sekretariat. 

 

 

 

Hits 267