IMG 8273

Donor darah merupakan agenda  kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Airlangga (PUA) dalam rangka memperingati HUT Ke-64. Dari tahun ketahun PUA berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surabaya, acara yang diselenggarakan di Ruang Wiyata lantai 1 berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut dilaksanakan  pada hari Selasa, 23 April 2019 dari pukul 10:00 WIB sampai dengan 14:00 WIB, waktu pelaksanaan yang lumayan singkat tersebut bertujuan untuk menjaga keadaan darah supaya tetap baik kualitasnya. Namun akibatnya, banyak calon peserta donor darah yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena waktu yang terbatas.

Selain para mahasiswa yang terlibat dalam mendonorkan darahnya, para civitas akademika UNAIR baik yang ada di Perpustakaan atau pun lingkungan fakultas turut serta meramaikan berpartisipasi dan peduli akan acara ini. Pada saat pelaksanaan acara dari target yang kami tentukan kurang lebih 80 orang, namun peserta yang mendaftar sekitar 74  orang akan tetapi rata-rata kualitas darah yang diberikan belum memenuhi, sehingga hanya berhasil menghasilkan 21 kantong darah. Hal tersebut dikarenakan tidak semua peserta dapat mendonorkan darahnya.

Banyak hal yang membuat peserta tidak dapat mendonorkan darahnya, rata-rata mereka yang gagal mendonorkan darahnya disebabkan Hb yang tidak cukup. Tekanan darah rendah juga menjadi factor pemicu. Menurut Dr. Deo selaku ketua tim pelaksana dari (PMI) “pelaksanaan kegiatan social seperti ini biasanya akan menghasilkan sampel random yang acak, sehingga acap kali sering tarjadi yang gagal donor. Kebetulan kasus yang terjadi hari ini disebabkan karena pendonor kurang tidur sehingga mempengaruhi tekanan darahnya dan sudah bisa dipastikan jika jam tidur melebihi pukul 12.00 tidak akan bisa mendonorkan darahnya.”

 Akan tetapi, walaupun hanya mendapat 21 kantong darah, pihak PMI sangat mengapresiasi kegiatan Donor darah ini, karena masih peduli dengan donor darah yang sekarang sudah mulai jarang peminatnya. Adapun tips yang diberikan Dr. Deo bagi pendonor yang ingin berhasil “seminggu sebelum melakukan donor darah ada baiknya jika menjaga kesehatan khususnya pola tidur dan pola makan, alangkah baiknya memperbanyak sayur dan daging.”

Dalam kegiatan kali ini, kami menyediakan booth untuk pengambilan darah bagi civitas akademika yang ingin mendonorkan darah mereka dan juga booth untuk sponsor. Jika tahun lalu kami mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, untuk kali ini donor darah bertabur hadiah yang di sponsori oleh Kalbe – Entrasol dan Natasha – Aishaderm. Sehingga para pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya mendapatkan satu paket bingkisan cinta dari PMI, sedangkan dari perpustakaan kacang hijau, telur dan kue merupakan menu wajib setiap tahun, dan yang paling menarik hati adalah goodie bag cantik dari para sponsor istimewa kami. Tak hanya menjual produk, sponsor kita kali ini juga melayani pemeriksaan kesehatan kulit gratis pada booth Natasha – Aishaderm.

Ternyata kegiatan kami ini banyak mendapat tanggapan positif dari pengunjung. Selain civitas akademika, masyarakat sekitar lebih banyak yang datang tertarik untuk memeriksakan kesehatannya. “Kegiatan ini sangat bermanfaat. Di sela-sela kesibukan sehari-hari, saya tidak perlu jauh-jauh untuk memeriksakan kesehatan saya,” kata salah satu pemustaka. Kegiatan kali ini bebarengan dengan bazaar dan workshop perpustakaan sekolah, sehingga antusiasme khalayak rame sungguh istimewa.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial dalam membantu orang lain di bidang sosial. Diharapkan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yang membutuhkan. Bagi kami, kegiatan ini mendatangkan kebanggaan tersendiri. Kami bisa membantu pemustaka, civitas akademika dan masyarakat sekitar untuk peduli terhadap kesehatan mereka. Kami juga bisa membantu Palang Merah Indonesia meningkatkan persediaan darah.

Hits 152