Cara Cepat dan Tepat Menyusun Skripsi

berita oca

Skripsi, hanya satu kata namun bisa menjadi begitu menakutkan bagi mahasiswa yang sedang bergelut dengannya. Namun, mau tidak mau mahasiswa yang ingin sukses melangkah menghadapi masa depan harus terlebih dahulu melewati proses mengerjakan skripsinya. Lalu bagaimana solusi bagi mahasiswa yang sedang merasa galau dan kesulitan dalam menghadapi berbagai problematika dalam mengerjakan skripsi? Perpustakaan Universitas Airlangga memiliki solusinya!

Pada hari Rabu, 24 April 2019 dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Perpustakaan yang ke 64, panitia pelaksanaan HUT mengadakan talkshow bertajuk "Trik Menyusun Skripsi Secara Tepat dan Cepat". Sebagai narasumber panitia mengundang salah seorang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR, Niluh Putu Dian Rosalina Handayani, SA., M.Sc. Walaupun termasuk dalam dosen yang masih muda, namun prestasinya tidak perlu diragukan. Lulus dengan gelar cumlaude dan lulusan terbaik di jenjang sarjana dan magister serta beberapa penghargaan yang lain.

Mbak Oca, sapaan beliau, dengan gaya presentasinya mampu membakar semangat 60 peserta yang rata-rata adalah mahasiswa tingkat akhir dan sedang mengerjakan karya akhir. Disebutkan bahwa terdapat empat aspek penting dalam menulis skripsi agar cepat dan tepat selesai yaitu komitmen dan kedisiplinan ; fokus pada topik yang dibahas; pemahaman dasar statistik, metodologi penelitian; attitude menghadapi dosen, lingkungan, teman. Dalam memaparkan materinya, mbak Oca membahas dari hal kecil yang sepertinya sepele hingga pada hal yang sangat penting untuk dilakukan semisal pemilihan sumber referensi. 

Dalam sesi tanya jawab, banyak peserta yang memanfaatkan momen dengan "curhat" tentang suka duka mereka dalam menulis skripsi. Secara langsung narasumber memberikan solusi serta memberikan pencerahan atas permasalahan yang dihadapi oleh peserta.  

Bagi Peserta yang ingin mendapatkan materi talkshow bisa diunduh di menu download yang ada di website perpustakaan.

Hits 279