Pelatihan Dongeng bagi Sekolah Dilingkungan Unair

berita dongeng

Acara demi acara yang diadakan dalam rangka HUT Perpustakaan Unair yang ke 64 telah berjalan. Pada hari Kamis, 25 April dilaksanakannya pelatihan mendongeng bagi sekolah TK/PAUD sekitar Perpustakaan Unair baik dikampus A, B dan C. Pelatihan ini dihadiri oleh para guru dan orang tua siswa. Acara ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk membangun budaya literasi sejak dini. Dengan mengundang orang tua serta guru yang secara langsung berhubungan dengan anak-anak maka diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta buku serta budaya baca sejak dini. 

Pelatihan ini mengundang Ibu Ariani Safitri atau biasa disapa dengan Bunda Inge untuk sharing informasi tentang dunia mendongeng. Bunda Inge merupakan founder dari komunitas kumpul dongeng Surabaya, bahkan rumah beliau dijadikan sebagai markas komunitas tersebut. Diawal acara dilakukan perkenalan dengan para peserta yang hadir agar suasana akrab bisa tercipta. Setelah itu beberapa diantara peserta diminta untuk sharing tentang kegiatan mendongeng yang pernah dilakukan. Tidak ketinggalan, Yuliana Ariandiningtyas, salah satu pustakawan Unair yang juga aktif melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mendongeng, menceritakan pengalamannya.

Dalam materinya Bunda Inge mengatakan bahwa dalam mendongeng kita tidak membutuhkan peralatan khusus, bahkan dengan jari kita saja, kegiatan mendongeng sudah bisa dilakukan. Yang paling penting untuk dipersiapkan adalah hati kita. Ya, hati seorang pendongeng haruslah senang serta memahami apa yang akan diceritakan. Tidak boleh dilupakan, setelah kita selesai mendongeng kita harus interaktif dengan anak kita dan meminta mereka menceritakan kembali apa yang telah kita ceritakan.

Sebanyak kurang lebih 41 orang peserta hadir dalam pelatihan mendongeng tersebut. Dari seluruh peserta terlihat sangat menikmati pelatihan ini. Karena diselingi dengan permainan semacam ice breaking yang membutuhkan konsentrasi bagi peserta dengan arahan dari Bunda Inge. Setelah pemaparan materi, banyak diantara peserta yang bertanya kepada narasumber dan langsung ditanggapi oleh Bunda Inge. Selain itu, Bunda Inge menawarkan kepada peserta apabila ada yang ingin bergabung dengan Komunitas Kumpul Dongeng Surabaya. Sebelumnya peserta bisa melihat kegiatan komunitas tersebut di media sosial yang dimiliki yaitu @kumpuldongengsby.

Hits 282