IMG 5058 1Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata “big data” Pemikiran saya saat pertama kali mendengar kata big data adalah, banyaknya informasi dalam bentuk angka dan tulisan yang tersaji dalam berbagai format dan kita dapatkan dari internet. Data tersebut ada yang masih mentah dan juga telah tersaji dengan baik dan pembaca dapat dengan mudah menangkap maksud yang disajikan. Dari pemikiran saya sebelumnya, terlihat bahwa big data merupakan data yang ditampilkan dalam bentuk tersusun maupun tanpa susunan. Seperti yang penulis kutip dari Search Data Management, Big data is an evolving term that describes a large volume of structured, semi-structured and unstructured data that has the potential to be mined for information and used in machine learning projects and other advanced analytics applications. Big data is often characterized by the 3Vs: the extreme volume of data, the wide variety of data types and the velocity at which the data must be processed.   

Universitas Surabaya, melalui perpustakaan, menangkap topik menarik ini dan menghadirkannya dalam bentuk seminar dan call for paper yang mengundang pemerhati perpustakaan dari berbagai kalangan untuk menambah khasanah pengetahuan melalui program ini. Acara hari Rabu 24 April 2019 dibuka oleh Rektor Ubaya dan disemarakkan 2 pembicara dari Jakarta. Bapak Teguh Purwanto, Kepala Jasa dan Layanan Perpustakaan Nasional Indonesia yang ditunjuk mewakili Kepala Perpustakaan Nasional menjabarkan bagaimana perkembangan Perpustakaan Nasional dan memanfaatkan big data ini untuk memajukan layanannya. Memadukan teknologi dan pengolahan data, PNRI, kini selain melayani kebutuhan secara fisik, juga kebutuhan secara virtual.

Pada hari yang sama, Bapak Yanuar Nugroho, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekologi dan Budaya Strategis memaparkan capaian perencanaan masa depan dan pelaksanaan yang dikerjakan pemerintah. Pemerintah telah memiliki rancang bangun strategis untuk mengembangkan dunia digital melalui pembangunan infrastruktur sehingga tidak ada lagi tertutupnya informasi bagi publik karena semua hal harus terbuka. Pembangunan ini terlihat dengan capaian pembangunan Palapa Ring yang sudah mencapai 100 % untuk wilayah Barat dan Tengah sedangkan Timur telah menembus 95 %. Pemerintah juga meminta masyarakat berperan aktif dalam pengembangan ini melalui sarana-sarana yang ditunjukkan sehingga data yang diperoleh dapat menjadi masukkan. Ini tercipta melalui layanan lapor! yang bisa diakses melalui telepon pintar maupun situs.

Hari kedua, KNKI, peserta disajikan dua pelatihan yang dapat dipilih sesuai dengan minatnya. Saat itu, saya mengambil pemasaran, di mana dunia ini sangat erat kaitannya dengan data. Komunikasi dan bauran pemasaran menjadi titik fokus pelatihan pada hari itu. Peserta yang sebelumnya hanya mampu berkomunikasi seadanya diajak untuk intensif berkomunikasi dengan baik. Caranya adalah dengan memperhatikan lawan bicara, fokus dan memiliki pembawaan yang menarik. Pemasaran yang dikupas selain 4P bauran yakni Product, Place, Price dan Promotion juga ditambahkan lagi dengan 3P yaitu Personality, Packaging dan Passion yang ketiganya sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan 4P sebelumnya. Pada hari kedua ini, Kamis 25 April 2019, Materi pelatihan disajikan oleh para pengajar dari UI dan Unpad sedangkan untuk siang hari setelah itu, peserta yang sudah mengirimkan makalahnya, dipertanggungjawabkan dalam CFP.

Ada hal yang sangat menarik dari makalah yang dibawakan para peserta, 2 diantaranya adalah pemanfaatan grup Whatsapp untuk para alumni yang membutuhkan referensi dunia kedokteran namun khusus bagi alumni FK UGM yang berada di area terpencil dan terluar, sedangkan makalah yang satunya mengenai buku-buku yang direkomendasikan oleh peminjam, saat mereka telah selesai meminjam buku tersebut. Para pemakalah sangat memahami data yang ada sehingga mampu memberikan keputusan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat. Untuk WA, pembangunan dan layanan tersebut telah dimulai sejak 2015 dan membantu banyak para tenaga medis yang telah alumni dalam menyelesaikan penelitian atau kasus sedangkan untuk buku rekomendasi, manfaat yang didapat adalah ketermanfaatan buku yang makin maksimal di perpustakaan.

Hits 238