Extensive Reading Workshop

IMG 5198 1Mempelajari Bahasa Inggris ternyata ada beragam cara, salah satunya dengan Extensive Reading. Menurut British Counsil, Extensive reading involves learners reading texts for enjoyment and to develop general reading skills dan sama seperti yang dipaparkan oleh para pembicara kami yang berlangsung di Aula Parlinah Moedjono Jumat 3 Mei 2019 beberapa hari lalu. Para pembicara kami saat itu adalah Thomas Robb,Phd dari Kyoto Sangyo University, Prof. Marc Helgesen, Phd dari Miyagi Gakuin Women’s University Sendal Japan, Christina Lhaksmita dari Universitas Sanata Dharma dan Fransisca Martha Ivone dari Universitas Negeri Malang.

Membaca dengan hal yang penuh menyenangkan, diberikan dalam contoh-contoh oleh pembicara saat itu. Diantaranya membaca dan kemudian menuturkan kembali apa yang telah dibaca. Pembicara memberikan ide untuk menemukan mitra terbaik sehingga saat menuturkan kembali cerita buku, akan banyak speaking skill yang terasah dan tidak menimbulkan rasa sungkan satu dengan yang lain. Selain menuturkan kembali, ada cara menggambar apa yang telah dibaca dan kemudian menceritakan gambar tersebut.

Hal menarik lainnya adalah menilai buku tersebut mudah atau tidak melalui metode five fingers process dimana bila mudah ditentukan dengan jempol dan telunjuk bila tingkatan buku tersebut susah ditentukan dengan beberapa jari lain yakni tengah, manis dan kelingking. Penerapan rating untuk buku ini diberikan agar pembaca dapat mengetahui tingkatan membaca. Selain mengenalkan metode diatas, ada juga pemberian buku berdasarkan tingkatan atau graded reader di mana buku dapat dibaca berdasarkan level beginner, intermediate atau advance.

Metode dengan Extensive Reading ini lebih cocok bila dilakukan di luar kelas atau lebih mengutamakan outdoor sehingga para pembaca saat melakukan kegiatannya tidak merasa terbebani. Acara menarik ini banyak dihadiri oleh para guru Bahasa Inggris, mahasiswa Bahasa Inggris dan pustakawan dari beberapa instansi.

Hits 256