ruang wiyata berita

Fungsi perpustakaan saat ini bukan hanya sebagai "gudang" buku saja, namun seiring perkembangannya perpustakaan memerankan fungsi sebagai pengelola informasi bagi masyarakat. Dalam fungsinya dalam pendidikan, perpustakaan menjadi tempat untuk belajar baik secara formal maupun non formal.  Sebagaimana di Perpustakaan UNAIR saat ini, selain mahasiswa datang untuk mencari informasi terkait dengan tugas perkuliahan mereka, mahasiswa memanfaatkan perpustakaan untuk mengasah softskill mereka melalui program yang diadakan perpustakaan. 

Dari beberapa ruang yang ada di perpustakaan diantaranya ruang Acarya, Parlinah dan Wiyata bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan kemahasiswaan, bahkan pemakaiannya gratis. Ruang Parlinah dengan kapasitas kurang lebih 100 orang biasanya digunakan untuk acara seminar, talkshow, bedah buku maupun menyambut tamu oleh perpustakaan atau kegiatan dari BEM, HIMA bahkan oleh unit lain seperti PPKK, Direktorat Kependidikan dan lain sebagainya.

Ruang Acarya biasanya dimanfaatkan untuk program Library Class yang diadakan oleh Latbang atau menerima tamu kunjungan. Selain itu, pemanfaatan ruang Acarya pernah digunakan untuk rapat mahasiswa maupun diskusi oleh salah satu dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Jam buka perpustakaan hingga pukul 22.00 WIB setiap hari Senin-Kamis dan pukul 21.30 WIB pada hari Jumat banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan kerja kelompok atau berdiskusi. Untuk layanan sampai malam, ruang yang bisa dimanfaatkan adalah ruang elibrary dan Wiyata. Menjelang maghrib, biasanya mahasiswa banyak berdatangan ke perpustakaan khususnya ke ruang Wiyata ntuk belajar hingga malam. Apalagi, layanan di lantai 2 dan 3 ditutup pada pukul 19.00 Wib sehingga awalnya mahasiswa yang belajar di lantai 2 dan 3 beralih ke ruang Wiyata. 

Hal tersebut menjadikan ruang Wiyata penuh dengan mahasiswa yang sedang belajar berkelompok, mengerjakan koding bahkan belajar melakukan persidangan yang dilakukan mahasiswa Fakultas Hukum (FH). Jika ruang Wiyata penuh, mahasiswa akan memanfaatkan selasar didepan Elibrary dengan lesehan. Melalui sarana Kertas Xpresi beberapa mahasiswa meminta agar jam buka perpustakaan ditambah lagi dari jam sepuluh malam agar mereka bisa nyaman dan aman mengerjakan tugas hingga larut malam. 

Hits 44