The Miracle of Colors-Keajaiban Buah dan Sayur

resensi opik2019 1

Judul Buku: The Miracle of Colors-Keajaiban Buah dan Sayur Warna Cokelat, Hijau, dan Putih
Penulis: Nurheti Yuliarti
Penerbit: ANDI
Cetakan: Pertama
Jumlah halaman: 186 Halaman
Tahun terbit: 2017

Sayuran dan buah-buahan memang sudah dikenal banyak orang sebagai asupan terbaik untuk tubuh. Tapi, siapa sangka buah dan sayuran dapat diketahui manfaatnya hanya dari warnanya saja? Saya baru tahu hal ini setelah membaca buku tulisan Nurheti ini. Berikut ulasan yang dapat saya berikan.

Buku ini berisi mengenai khasiat buah dan sayur warna cokelat, hijau, dan putih, beberapa buah yang dipaparkan antara lain pir hijau, apel hijau kiwi, selada, seledri, kacang panjang, kapri, bayam, dan banyak lagi yang lainnya.

Buah berwarna cokelat mampu membuang sisa racun dalam tubuh. Selain itu juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi energy. Buah yang masuk kedalam golongan ini yaitu sawo, cacao, matoa, beberapa biji-bijian dan kacang- kacangan.

Buah berwana hijau mengandung Fe atau zat besi yang berfungsi mentransportasikan oksigen ke seluruh tubuh. Semakin pekat atu tua warna hijau pada buah dan sayur , maka semakin tinggi kandungan vitamin dan mineralnya. Contohnya brokoli, bayam, seledri, asparagus, dan sebagainya.

Buah berwana putih mengandung Alicin. Alicin ini membantu terkontrolnya kolestrol dan tekanan darah selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Yang masuk kedalam golongan ini yaitu sawi putih, kelengkeng, duku, sirsak, srikaya, jamur, lobak, dan sebagainya.

Keunggulan buku ini menjelaskan secara detail apa saja yang terkandung dalam buah dan sayur yang masuk kedalam golongan warna hijau, coklat, dan putih. Seperti kandungan gizi dari buah dan sayur itu sendiri. Berapa jumlah kalori, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, besi, asam folat, dll. Manfaatnya apa saja, sangat jelas dan terperinci. Bagi ibu-ibu ataupun pecinta masakan, dapat mempraktekkan resep-resep masakan dan juga krim untuk kaki ataupun kulit yang unik dari buku ini. Sangat bermanfaat sekali bukan.

Hanya saja ada pada awal-awal membaca buku ini terasa seolah-olah membaca sebuah buku pelajaran biologi diwaktu sekolah menengah atas dulu. Sedikit membosankan dan mengantuk. Setelah membaca bab salanjutnya barulah terasa ada ketertarikan.  Penjelasan detail dan juga gambaran pada buku ini sangat rinci sehingga memperkaya informasi bagi para pembacanya.

Bagi yang ingin membaca lebih lanjut, dan mengetahui khasiat dan manfaat dari tiap-tiap buah dan sayur yang memiliki warna hijau, coklat, dan putih, anda dapat membacanya di perpustakaan koleksi khusus kampus A.

Hits 270