Aku Ini Binatang Jalang

chairil anwar

Judul                     : Aku Ini Binatang Jalang  : Koleksi Sajak 1942-1949

Editor                    : Pamusuk Eneste

Penerbit                : Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit          : 1986, cetakan ke 27 tahun 2018

Call number           : KKB KK-I 808.81 Anw a

Lokasi                   : Koleksi Khusus I Kampus B

Siapa yang tidak kenal dengan penyair terbesar di Indonesia, Chairil Anwar dengan karya puisinya yang melegenda hingga saat ini dengan judul Aku Ini Binatang Jalang. Kumpulan sajak Chairil Anwar dari tahu 1942-1949 dibukukan dengan judul Aku Ini Binatang Jalang  ini terbit pertama kali pada tahun 1986, saat ini merupakan cetakan ke dua puluh tujuh pada Februari 2018.

Menurut Nirwan Dewanto dalam kata pembuka mengatakan bahwa sajak-sajak Chairil Anwar menyediakan dasar bagi penulisan puisi sampai hari ini. Atau dalam sajak-sajak Indonesia yang terbaik, kita selalu dapat menemukan jejak-jejaknya. Chairil Anwar turut menegakkan sastra dan budaya tulisan.

Buku ini juga memberikan informasi tentang kumpulan sajak Chairil yang pernah ditampilkan dengan judul versi Deru Campur Debu(DCD), Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan Yang Putus (KT), Tiga Menguak Takdir (TMT) dan lain sebagainya. Sajak yang sama bisa tampil dalam versi yang berbeda dengan perbedaan bait-bait dalam dua versi yang ada.

Selain menampilkan sajak-sajak, dihalaman akhir buku ini terdapat bab yang berisi surat-surat Chairil Anwar kepada H.B Jassin. Surat yang ditujukan kepada Jassin yang beralamat di Paron ini lengkap disertai dengan tanggal, bulan serta tahun pembuatan surat. Hanya ada satu surat yang ada di buku ini namun hingga buku ini dicetak editor tidak berhasil menemukan surat asli dari Chairil ini. Oleh karena itu, yang dimuat adalah kutipan dari buku H.B Jassin yang berjudul Kesusatraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei II.

Bagi pecinta syair, buku ini menjadi salah satu buku yang patut dibaca sampai tuntas. Bagi orang awam, tidak sulit mengikuti alur puisi dalam buku ini. Karena di bagian awal khususnya di Kata Pembuka yang disampaikan oleh Nirwan Dewanto diberikan penjelasan tentang puisi atau sajak-sajak yang ditulis oleh Chairil.   

Selamat membaca dan selamat menikmati sajak-sajak dari karya seniman besar Chairil Anwar!

Hits 314