Pelatihan Menulis Bagi Pustakawan

65241779 1114588442043422 7522392050780602368 n

Rabu, 26 Juni 2019 beberapa pustakawan Perpustakaan UNAIR diundang dalam workshop menulis. Tepatnya sebanyak tiga belas orang pustakawan mengikuti workshop menulis ini untuk memantapkan kemampuan menulis mereka. Kemampusn menulis diperlukan oleh para pustakawan untuk mengasah softskill mereka dalam bidang tulis menulis agar eksistensi pustakawan tetap terjaga.

Sebagai narasumber adalah Prasetyo Adi Nugroho, S.Sos., salah satu pustakawan Unair yang aktif menulis. Dalam pertemuan ini, Adi memberikan materi tentang penulisan artikel secara rinci dan disertai dengan contoh artikel yang sudah jadi untuk menjadi bahan evaluasi. Selain pemaparan materi, dalam pelatihan ini juga dilakukan diskusi ringan dan sharing tentang penulisan artikel ilmiah. Menurut Adi, menulis karya ilmiah tidak harus langsung menjadi artikel yang bagus, namun bertahap sesuai dengan proses belajar dalam membuat karya tulis ilmiah. Semakin sering menulis, maka kualitas tulisan akan semakin bagus.

Setelah pemaparan materi, tiap-tiap peserta harus menyetorkan judul artikel ilmiah yang akan ditulisnya. Setelah itu, dengan bimbingan dari narasumber masing-masing peserta membuat rincian kerangka karya tulis mereka untuk selanjutnya dijadikan artikel ilmiah. Target penyelesaian artikel ilmiah ini adalah bulan Agustus, dan rencananya akan dimuat di jurnal JPUA milik Perpustakaan UNAIR. 

Hits 166