Totto-chan’s children

toto chan 2

Judul buku : Totto-chan’s children : a goodwill journey to the children of the world = Anak-anak Totto-chan : perjalanan kemanusiaan untuk anak-anak dunia

Penulis : Tetsuko Kuroyanagi

Alih bahasa  : Ribkah Sukito

Editor : RC, Rully Larasati & Nina Andiana

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Deskripsi fisik : 328 hlm., 20 cm.

Cetakan, tahun : Cetakan kedua, Juli 2010

ISBN : 978-979-22-5998-8

Peresensi : Siti Aisyah (Mahasiswa Magang)

Buku yang dipersembahkan untuk 180 juta anak yang meninggal karena kekurangan gizi, penyakit menular, atau perang saudara ini berdasarkan kisah nyata dan menceritakan tentang perjalanan penulis, Tetsuko Kuroyanagi atau yang lebih dikenal dengan nama Totto-chan selama menjadi Duta Kemanusiaan UNICEF sejak tahun 1984 sampai 1997. Penulis telah berkunjung ke berbagai negara. Negara pertama yang dikunjungi setelah menjadi Duta Kemanusiaan pada tahun 1984 adalah Tanzania. Kemudian beberapa negara berikutnya yang dikunjungi, Nigeria. , India (1986), Mozambik (1987), Kamboja dan Vietnam (1988), Angola (1989), Banglades (1990), Irak (1991), Etiopia (1992), Sudan (1993), Rwanda (1994), Haiti (1995), Bosnia-Herzegovina (1996). Selama perjalanannya, Miss Kuroyanagi mengunjungi berbagai tempat dimana di tempat tersebut terdapat banyak sekali anak-anak yang kondisinya jauh dari kata baik dan memprihatinkan. Kondisi tersebut dikarenakan kekeringan yang melanda wilayah –wilayah tersebut sehingga bahan makanan yang layak, sehat dan baik untuk dikonsumsi sangat susah untuk ditemukan. Selain karena kekurangan asupan gizi yang baik dan cukup, banyak juga anak-anak yang meninggal sebagai korban dari perang yang terjadi pada masa itu. Pendapat Direktur Eksekutif UNICEF (1995-2005), kisah yang tertuang dalam buku ini merupakan kisah cinta dan belas kasih yang diberikan untuk anak-anak di seluruh dunia, terkhusus untuk setiap anak dan setiap ibu yang ditemui oleh Miss Kuroyanagi.

Buku ini dapat membuat pembaca seolah-olah mengikuti alur perjalanan yang telah dilakukan oleh Totto-chan atau Miss Kuroyanagi. Buku ini sangat disarankan untuk dibaca agar dapat memotivasi untuk membantu anak-anak yang ada di dunia untuk menggapai cita-cita mereka setinggi mungkin dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Buku ini dapat dibaca atau dipinjam di Perpustakaan Pusat - RBU KKB yang dapat dicari melalui OPAC dengan nomor panggil 813 Kur t-1.

Hits 173