Training of Trainer Library Class

nurma

Selama tiga hari berturut-turut beberapa pustakawan Perpustakaan UNAIR mengikuti training of trainer (ToT). Dibawah koordinator bagian Latbang, dalam ToT ini pustakawan diberikan materi yang berbeda setiap harinya. Hari pertama, materi yang disampaikan adalah tentang salah satu reference manager yaitu Mendeley. Mendeley merupakan salah satu reference manager yang populer di kalangan pendidikan tinggi. Selain karena pemanfaatannya gratis, Mendeley memiliki fitur yang lengkap dan mudah untuk digunakan. Pelatihan Mendeley ini dilaksanakan di Ruang Elibrary dan berlangsung hingga pukul 15.30 WIB dan sebagai narasumber adalah Nurma Harumiaty yang merupakan salah satu pustakawan UNAIR yang sudah mendapatkan sertifikasi sebagai trainer Mendeley.

Hari kedua adalah pelatihan tentang optimalisasi Microsoft Word yang disampaikan oleh Yuliana Ariandini Ayuningtyas. Optimalisasi Ms. Word ini sangat bermanfaat dalam menunjang kelancaran dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa. Karena dengan mengetahui lebih jauh tentang fitur dari Ms. Word ini banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan seperti membuat daftar isi secara otomatis, bagaimana menggabungkan halaman romawi dan angka dalam satu file Ms.Word. 

Terakhir adalah pelatihan tentang Online Research Management (ORM) yang disampaikan oleh Novita Dwi Anawati. ORM ini merupakan pelatihan yang materinya mengeksplore eresources yang dimiliki UNAIR sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan informasi selama sivitas akademika melakukan penelitian atau menyelesaikan tugas akhir. Bukan hanya mencari referensi artikel ilmiah, namun dalam ORM ini juga diberikan wawasan tentang pemanfaatan research methods apa yang kiranya pas dengan penelitian yang dilakukan. dan yang terakhir adalah, nantinya peserta ORM yang saat ini wajib untuk submit ke jurnal terakreditasi atau jurnal yang terindeks Scopus akan dibantu untuk mencari  jurnal yang pas dengan topik penelitian yang diambil.

Peserta ToT ini diharapkan akan menjadi pemateri dalam library class yang diadakan oleh Perpustakaan. Karena permintaan kelas semakin banyak, maka perpustakaan harus mempersiapkan pemateri yang handal dan mampu sharing informasi dalam kelas pelatihan yang diadakan.

Hits 118