Fokus Penelitian Sang Pengamen Yang menjadi Wisudawan Terbaik

Perjuangan Noviana dari Mengamen hingga Capaian Predikat Wisudawan Terbaik

Setiap periode wisuda pasti memiliki cerita menarik tentang perjuangan para wisudawan meraih cita-citanya. Sebagaimana pada wisuda di minggu pertama bulan September ini, ada kisah yang membuat terharu namun juga ada semangat dalam meraih asa. Adalah Noviana, salah satu wisudawan terbaik yang meraih IPK hampir sempurna yaitu 3,94 ternyata melewati masa yang bisa dibilang sulit dari kecilnya. Bahkan untuk membantu biaya sekolah dan kebutuhan sehari-hari Noviana rela mengamen di jalanan.

Menjadi wisudawan terbaik, noviana fokus untuk membuat penelitian tentang pengadaan barang dan jasa. Lebih detail tentang judul peneltiian yang diambil Noviana adalah Pengadaan Barang/Jasa pada Badan Layanan Umum. Badan Layanan Umum (BLU)  merupakan instansi di lingkungan pemerintah pusat atau daerah, namun memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan satuan kerja pemerintah yang lain.  Badan Layanan Umum melekat secara struktural dari kementrian negara/lembaga induk atau pemerintah daerah, oleh karenanya dalam melakukan pengadaan barang/jasa BLU mengikuti aturan pengadaan barang/jasa yang berlaku. Namun, pada Peraturan Presiden  nomor 16 Tahun 2018 mengecualikan langsung pengadaan barang/jasa pada BLU dari ketentuannya. Pengecualian tersebut tidak didasarkan pada adanya syarat-syarat tertentu. Padahal pengadaan barang/jasa pada BLU seharusnya masuk pada ruang lingkup pengadaan barang/jasa pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 karena BLU merupakan kekayaan negara yang tak dipisahkan.

Karena adanya hal tersebut, Noviana beranggapan bahwa perlu dilakukan penelitian untuk mencari dan merekonstruksi hukum terkait dengan aturan yang ada dan disandingkan dengan aspek-aspek diluar hukum yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan yang sistematis terkait pengaturan pengadaan barang/jasa pada BLU.

Keseluruhan isi dari skripsi Noviana ini bisa dibaca dilayanan Koleksi Khusus atau dilayanan elibrary. Pembaca juga bisa membaca hardcopy nya yang bisa di ambil di rak dengan nomor KKB KK-2 FH 180-19 Nov p

Hits 73