Bagi-Bagi Coklat di Peringatan Hari Batik Nasional

hari batik

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia pastinya bangga ya memiliki warisan budaya yang saat ini sudah dikenal bahkan dikenakan oleh masyarakat internasional. Adalah Batik, warisan dari leluhur yang hingga saat ini masih dipertahankan bahkan semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Pada 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional sebagai hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. 

Untuk merayakan Hari Batik Nasional, Perpustakaan Unair turut berpartisipasi dengan mengenakan pakaian Batik bagi pimpinan dan seluruh stafnya. Selain itu, Perpustakaan juga memberikan award berupa coklat bagi pemustaka yang mengenakan pakaian batik. Kegiatan ini dilakukan serentak di Perpustakaan Kampus A, B dan C. Hal ini untuk menambah semangat bagi pemustaka agar semakin bangga dengan identitas sebagai warga negara Indonesia dengan mengenakan Batik Terbaiknya.

Jika dulu batik lebih banyak dikenakan oleh orang-orang yang sudah berusia saat menghadiri acara formal, maka hal tersebut sudah berubah di era saat ini. Para kawula muda saat ini sudah terbiasa mengenakan baik, bukan hanya untuk acara formal namun juga dalam keseharian. Bahkan banyak diantara mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di UNAIR juga mengenakan Batik ketika berada di lingkungan kampus. Hal ini menunjukkan bahwa Batik warisan budaya Indonesia sudah mendunia, dan kewajiban kita sebagai generasi muda Indonesia untuk menjaga dan melestarikan Batik Indonesia yang semakin beragam coraknya sesuai khas masing-masing daerah.

Hits 103