Parade Bahasa dan Sastra di Perpustakaan UNAIR

berita parade

Bulan Oktober ini diperingati sebagai bulan Bahasa dan Sastra, untuk memperingatinya Perpustakaan Universitas Airlangga mengadakan rangkaian acara yang dikemas dalam Parade Bahasa dan Sastra. Parade tersebut diadakan mulai tanggal 15 - 17 Oktober 2019 di loby Perpustakaan Unair Kampus B. Rangkaian acara parade bahasa dan sastra diantaranya adalah talkshow dan performance dari mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang tergabung dalam komunitas Warawara Project dan Suara Jalang pada hari Selasa, 15 Oktober 2019. Dalam talkshow yang ditampilkan secara live di www.facebook.com/unairlibrary yang dibahas adalah terkait komunitas, kegiatan-kegiatan komunitas dalam melestarikan sastra Indonesia serta pembacaan puisi. 

Selain talkshow dan performance pembacaan puisi, pada tanggal tersebut juga dibukanya acara Bursa Buku Seken (BBS) yang memfasilitas mahasiswa UNAIR dalam menjalankan usaha jual beli bukunya. Program BBS diselenggarakan selama tiga mulai 15 - 17 Oktober 2019 dan ada empat tenant yang berjualan. Masing-masing tenan memiliki kekhasan sendiri pada buku-buku yang dijual, bukan hanya buku tentang mata kuliah namun juga menyediakan buku novel hingga motivasi dan pengembangan diri. Yang unik adalah, ada salah satu tenant yang mulai berjualan sejak mengetahui informasi tentang BBS ini. Mereka mengumpulkan buku-buku pribadi teman-teman sesama mahasiswa yang layak dijual. Buku dijual mulai Rp.5.000 hingga Rp.10.000 dan diluar dugaan ternyata respon pengunjung perpustakaan yang mampir di tenant BBS sangat antuasias. Bahkan para pengunjung mengharapkan agar program BBS ini diselenggarakan setidaknya satu bulan sekali. Padahal program BBS diselenggarakan oleh Perpustakaan Unair dan menjadi agenda rutin dua kali dalam setahun yaitu setiap pergantian semester. Para tenan BBS diundang dalam acara talkshow dan disiarkan live di www.facebook.com/unairlibrary terkait dengan usaha jual beli buku, cara mengelola usaha hingga promosi yang dilakukan.

Yang terakhir adalah program Musicoustic, program yang menyuguhkan hiburan musik untuk pengunjung ini menampilkan tiga orang mahasiswa dari FISIP dan FST. Musicoustic sengaja diselenggarakan pada hari ketiga sekaligus sebagai hari terakhir sekaligus penutup dari rangkaian parade bahasa dan sastra. Musicoustic merupakan program reguler setiap bulan dan mengundang mahasiswa Unair yang berkecimpung dalam dunia musik untuk tampil di perpustakaan.

Hits 138